Beberapa Jenis Cat Mobil Full Body Serta per Panel

Avatar of PortalMadura.com
Beberapa Jenis Cat Mobil Full Body Serta per Panel
Ilustrasi ()

PortalMadura.Com – Salah satu cara mempercantik mobil yang banyak dilakukan adalah mengecat mobil. Biaya cat mobil full body, repaint atau cat ulang mobil, maupun cat per panel bergantung sekali pada jenis cat yang dipakai.

Jenis cat pun akan pengaruhi kualitas, ketahanan, serta keindahan warna cat mobil. Setelah mengetahui berapa biaya cat mobil full, pertanyaannya kini adalah berapa biaya ganti warna mobil?

Anda bisa mengetahui berapa kisaran biaya ganti warna mobil dengan mengunjungi beberapa bengkel mobil atau Anda bisa mencari tahu informasi lebih banyak di internet.

Nah, berikut ini adalah informasi mengenai beberapa jenis cat mobil yang biasanya digunakan hingga biayanya.

Wash Primer

Ketika melakukan pengecatan mobil, teknisi perlu untuk aplikasikan cat primer lebih dulu. Salah satu jenis dari cat primer umum dipakai, yaitu wash primer.

Ini adalah cat dasar yang mengandung nitroselulosa serta alkyd resin. Harga cat wash primer termasuk termurah untuk jenis cat dasar. Jadi, jika Anda inginkan biaya mengecat mobil full body murah, Anda dapat pertimbangkan jenis cat satu ini.

Walaupun demikian, wash primer dinilai tak terlalu efektif untuk cegah karat serta korosi di bodi mobil.

Urethane Primer/Polyurethane

Di bandingkan dengan wash primer, cat ini cenderung lebih lama untuk kering serta harganya lebih mahal. Pasalnya, cat ini mengandung polyisocyanate yang menjadi hardener serta memakai thinner polyurethane extra slow yang membutuhkan proses pengaplikasikan cukup lama.

Oleh karena itu, biaya cat mobil full body yang memakai cat polyurethane harganya cenderung lebih mahal serta durasi untuk proses pengecatannya juga menjadi lebih lama.

Walaupun demikian, jika inginkan hasil lebih baik kualitasnya, berkilau, dan lebih efektif untuk cegah karat serta korosi, ada baiknya Anda pertimbangkan pilih jenis cat ini.

Cat Epoxy Primer

Jenis cat dasar selanjutnya yakni epoxy. Cat ini bisa bantu lindungi logam supaya tak teroksidasi serta tak mudah untuk berkarat. Selain itu, memiliki sifat tahan lama pun buat cat mobil menjadi terlindungi dari lembab.

Untuk aplikasikan cat expoxy, teknisi pada bengkel cat mobil akan semprotkan cat ke bodi mobil 1 ataupun 2 layer sampai semua permukaan mobil terlapisi baik. Cat epoxy primer cocok sekali dipakai untuk melindungi bagian-bagian mobil dari logam.

Oleh karena kualitasnya yang baik sekali, Anda mungkin harus keluarkan biaya untuk cat mobil full body lebih tinggi.

Lacquer Surfacer

Setelah aplikasikan cat primer, langkah berikutnya pada proses pengecatan mobil yakni aplikasikan cat surfacer mobil. Cat ini bisa bantu untuk tutupi lecet atau baret pada mobil serta cegah penyerapan cat finishing top coat.

Namun sayangnya, perlindungan cat ini pada korosi tak cukup baik. Meskipun demikian, jika Anda inginkan proses pengecatan lebih cepat, cat ini pilihan yang cukup tepat.

Urethane Surfacer

Dibandingkan laquer surfacer, cat satu ini lebih mampu untuk melindungi mobil karena tahan lama, tahan adhesi, serta lebih efektif untuk cegah karat serta korosi. Walaupun begitu, durasi pengeringan cat cukup lama serta harga cat cukup mahal.

Selain itu, proses pengeringan cat ini pun cukup rumit karena perlu untuk dipanaskan pada suhu di atas 60 derajat celcius. Oleh karena itu, Anda perlu untuk cari bengkel yang mampu untuk lakukan proses pengeringan.

Top Coat (Clear Coat)

Setelah aplikasikan cat primer serta surfacer, lalu yang dilakukan adalah lakukan coating. Ini adalah tahap finishing pada pengecatan mobil. Top coat memakai cat bening dengan pilihan hasil akhir adalah glossy atau doff.

Doff akan berikan hasil akhir warna mobil yang butek atau keruh. Sedangkan glossy akan berikan hasil akhir yang berkilau.

Kedua hasil tersebut memiliki fungsi yang sama, yakni untuk melindungi lapisan cat mobil berwarna. Nah, Anda dapat pilih hasil akhir sesuai selera.

Walaupun demikian, biaya cat mobil dengan hasil akhir glossy atau doff mungkin akan berbeda tergantung pada kandungan serta merek dari cat yang dipakai.

Sejumlah jenis cat top coat pun sudah terkandung formula anti ultraviolet sehingga warna cat mobil bisa terlindungi dari kerusakan karena terkena sengatan sinar matahari. Jika proses pengecatan mobil sudah lumayan lama, sejumlah bengkel pun tawarkan jasa poles mobil supaya warna top coat mobil jadi kinclong kembali.

Itulah beberapa jenis cat mobil full body dan per panel yang perlu diketahui. Mengecat mobil tentu Anda harus mempersiapkan biaya yang dibutuhkan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.