oleh

Begal Kendaraan Ditembak, Modus Jual Beli Lewat Medsos

PortalMadura.Com, Bangkalan – Dua pelaku begal kendaraan bermotor di wilayah hukum Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, ditembak polisi setempat karena melawan saat ditangkap.

Pelaku itu, F (35) dan RA (40). Keduanya warga Desa Parseh, Kecamatan Socah, Bangkalan. Modus operandi pelaku berpura-pura jual beli kendaraan bermotor melalui jejaring media sosial Facebook.

“Ini komplotan. Dalam aksinya menggunakan media sosial untuk memancing korban,” terang Kasat Reskrim Polres Bangkalan, AKP Agus Soebarnapraja, Jumat (8/1/2021).

Untuk menarik perhatian pembeli, harga kendaraan diberi harga sangat murah. Ketika ada yang tertarik, maka pelaku mengajak ketemu dengan korban.

Tempat pertemuannya di salah satu rumah kosong, Dusun Tlagah, Desa Jukong, Kecamatan Labang, Bangkalan.

Saat korban datang, para pelaku mengambil barang-barang berharga seperti handphone, kendaraan dan uang korban yang dipersiapkan untuk beli motor.

Kedua pelaku juga mengambil mobil beda Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan cara pura-pura mau membeli. Lalu, mobil itu dicoba dan langsung dibawa pergi.

Terungkapnya kasus ini berawal dari laporan para korban. Polisi pun melakukan pengintaian dengan intensif. Saat ditangkap di rumahnya masing-masing, pelaku melakukan perlawanan.

Kedua pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan tima panas. Saat ini, aparat kepolisian Bangkalan masih mendalami kasus tersebut. Diduga masih ada pelaku lain.

Pihaknya mengimbau warga agar tidak terpancing dengan harga kendaraan lebih murah yang ditawarkan melalui online.

Dalam sepekan terakhir ini, Polres Bangkalan mengungkap 8 kasus dengan 7 tersangka. Rinciannya, pencurian dengan kekerasan (Curas) 3 kasus, pencurian kendaraan bermotor (Ranmor) 1 kasus, pembunuhan 1, pencurian dengan pemberatan (Curat) 2 dan penggelapan 1 kasus.(*)

Penulis : M Saed
Editor : Raudatul Fitrah

Komentar