Begini 3 Langkah Perkuat Sinyal WiFi Paling Ampuh

Avatar of PortalMadura.com
Begini-3-Langkah-Perkuat-Sinyal-WiFi-Paling-Ampuh
Ilustrasi (LABANA.id)

PortalMadura.Com – Sinyal internet yang kuat menjadi harapan banyak orang. Apalagi bagi siswa yang Work From Home (WFH) atau belajar online di rumah sangat bergantung pada keberadaan sinyal.

Sayangnya, seringkali para pengguna sinyal internet dari mengalami beberapa gangguan. Salah satunya, sinyal yang tiba-tiba menurun atau bahkan hilang. Belum lagi jika ternyata yang dipasang tidak sampai ke ruang kerja/belajar Anda.

Hal ini tentu sangat mengganggu pekerjaan yang dilakukan agar selesai tepat waktu. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?. Berikut tiga cara yang dirangkum PortalMadura.Com, Kamis (25/2/2021) dari laman Tekno Liputan6 untuk memperkuat sinyal WiFi:

Gunakan WiFi Repeater

Penguat sinyal WiFi atau WiFi repeater kini telah banyak menjadi solusi bagi Anda yang memiliki jaringan WiFi rumahan. Fungsinya, memperkuat sinyal WiFi dari router yang jaraknya cukup jauh dari kamar Anda.

Dengan harapan sinyal WiFi terbagi seimbang, biasanya router disimpan di bagian ruang tengah atau ruang keluarga. Namun, kerap terkendala karena bisa jadi jarak kamar Anda terlalu jauh dari posisi router tersebut.

Sebenarnya, WiFi repeater telah banyak di pasaran. Dengan harga berkisar Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu Anda bisa memilikinya. Cara penggunaannya juga cukup mudah, Anda cukup menyambungkan koneksi router utama ke WiFi repeater dengan menekan tombol WPS.

Bagi beberapa merek WiFi repeater, ada yang cukup menyambungkan koneksi dengan bantuan aplikasi melalui smartphone Anda.

Atur Jarak Router dengan Barang Elektronik

Daya cakupan sinyal WiFi tentunya terbatas dan bisa ‘berebut' dengan sinyal lainnya. Salah satu caranya agar sinyal WiFi dapat stabil adalah dengan mengatur jarak router dari barang elektronik lainnya yang juga memancarkan sinyal.

Bahkan, selain dari barang yang memancarkan sinyal, menurut beberapa sumber, microwave dapat menjadi pengganggu kekuatan sinyal WiFi.

Router biasanya disimpan di meja tersendiri atau digantung di dinding agar daya tangkap dan pemancaran sinyalnya lebih baik. Tidak ada salahnya Anda untuk mencoba dan merasakan perbedaan sinyalnya.

Gunakan Aplikasi

Banyak aplikasi smartphone yang disebut bisa memperkuat tangkapan sinyal WiFi. Bagi pengguna smartphone Android, salah satunya ada WiFi Manager.

Aplikasi yang satu ini dapat membantu Anda dalam mendeteksi sumber WiFi terbaik sekaligus mengatur penggunaan internet di smartphone Anda. Anda juga dapat mengelola jaringan WiFi dan meningkatkan koneksi dengan kanal grafis.

Pada aplikasi ini juga terdapat fitur yang bisa digunakan untuk mengecek kecepatan sinyal WiFi yang tersambung di smartphone Anda. Selain WiFi Manager, masih banyak aplikasi lainnya yang gratis di platform toko aplikasi di smartphone Anda.

Itulah ketiga cara yang bisa Anda coba untuk mendukung pekerjaan yang bergantung dengan koneksi WiFi. Anda juga perlu secara berkala mengecek penggunaan melalui platform yang disediakan oleh penyedia layanan WiFi Anda. Tentunya, saran yang diberikan oleh penyedia layanan akan lebih bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.