Begini 4 Hal dalam Memilih Sikat Gigi untuk Anak

Avatar of PortalMadura.com
Begini 4 Hal dalam Memilih Sikat Gigi untuk Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Gigi membantu anak untuk mengolah makanan. Tidak hanya itu, gigi juga membantu berbicara dan membentuk wajah anak. Sama seperti orang dewasa, anak -anak terutama usia balita harus mulai dikenalkan dengan kebiasaan menggosok gigi.

Salah satu yang harus dipersiapkan untuk belajar menyikat gigi tentu mempersiapkan sikat gigi. Kebersihan mulut si Kecil mungkin sering disepelekan, padahal menjaga kebersihan mulut anak menjadi bagian yang penting lho. Sejak gigi anak belum tumbuh, membersihkan mulut harus tetap dilakukan. Di dalam mulut bersarang ribuan bakteri yang siap menyerang bila anak sedang tidak sehat.

Oleh sebab itu menjaga kesehatan mulut perlu dilakukan setiap hari. Selain untuk kesehatan, membersihkan mulut secara rutin juga bisa menumbuhkan kebiasaan membersihkan mulut pada anak di masa mendatang. Untuk mendukung anak agar mau membersihkan gigi sejak dini, Mama bisa memilih sikat gigi pertamanya dengan cermat ya.

Melansir dari laman popmama.com, berikut ini ada beberapa cara memilih sikat gigi untuk si Kecil.

Perhatikan Bentuk Kepala Sikat
Jenis sikat gigi dibedakan berdasarkan beberapa tahapan usia seperti, 7-11 bulan, 11- 24 bulan dan 24 bulan keatas. Pilih sikat gigi yang melebar dan berujung bulat. Kepala sikat yang sedikit membulat akan membuat sikat mudah digunakan hingga ke sela-sela gigi geraham. Bentuk bulat tersebut membuat Mama mudah membersihkan seluruh mulut si Kecil di bagian dalam.

Tingkat Kehalusan Bulu-bulu Sikat
Hal ini adalah bagian terpenting yang harus diperhatikan. Mama harus mencari sikat dengan bulu yang lembut, Mama harus lihat dengan seksama apakah bulu sikat benar-benar lembut, karena sebagian besar produk sikat gigi, akan dibungkus rapat sehingga Mama tidak bisa menyentuh bulu-bulu nya.

Ketelitian diperlukan dalam hal ini. Dengan tekstur bulu yang lembut akan menghindari gusi si Kecil dari luka. Bulu sikat yang lembut juga bisa membantu untuk merangsang pertumbuhan gigi.

Pegangan Sikat Gigi yang Mantap
Untuk pegangan sikat gigi mama harus memilihkan yang nyaman dan tidak licin saat digenggam, biasanya akan ada lapisan karet dan sedikit kontur untuk memudahkan si Kecil memegang sikat.

Desain Sikat Gigi yang Unik
Ini jadi salah satu cara agar anak bersemangat dalam menjalankan aktivitas menyikat gigi. Sekarang ini banyak sekali ditemukan sikat gigi dengan desain yang unik dan menarik. Selain desain, Mama juga sesekali bisa menyelipkan sedikit cerita tentang baiknya menyikat gigi secara rutin.

Selain itu, Mama juga bisa melakukan kegiatan sikat gigi bersama-sama dengan si Kecil. kegiatan ini juga menjadi contoh yang baik untuk anak. Gantilah sikat gigi secara berkala, apalagi jika sudah ada kerusakan pada sikat gigi.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin memilih sikat gigi pertama untuk si Kecil. Jadi Mama, jangan asal karena anak suka dengan karakter dari sikat gigi saja ya, tapi perhatikan juga dari beberapa kriterianya agar anak nyaman dan senang ketika sikat gigi.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.