Begini 4 Tips Mengembalikan Jam Tidur yang Sehat

Avatar of PortalMadura.com
Begini 4 Tips Mengembalikan Jam Tidur yang Sehat
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Masalah sulit tidur tidak sesederhana menahan kantuk di siang hari. Pola tidur yang tidak sehat, apa lagi jarang mendapatkan tidur berkualitas ternyata akan menimbulkan efek yang jauh lebih serius.

Empat perubahan gaya hidup setiap hari dapat membantu mengembalikan jam tidur yang sehat pada seseorang. Jam tidur seseorang dapat berubah karena beberapa faktor antara lain kebiasaan yang berubah, merasa tertekan, dan galau.

Mengembalikan jam tidur yang normal dan sesuai dengan ritme sirkadian dapat membuat Anda lebih bahagia dan sehat secara keseluruhan. Berikut ini tips untuk mengembalikan jam tidur yang sehat bagi Anda. Mari simak informasinya.

Bangun Lebih Awal
Bangun dua hingga tiga jam lebih awal dari biasanya dan memaksimalkan pencahayaan luar ruangan di pagi hari. Ini bisa jadi langkah pertama yang bisa Anda lakukan. Penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya mengurangi produksi hormon melatonin yang merangsang tidur.

Baca Juga: Proyek SPAM di Pamekasan Tak Berfungsi

Jadi, membuka tirai Anda untuk membiarkan matahari masuk, sarapan di teras, atau dekat jendela dapat memberikan dorongan semangat di pagi hari. Ditambah, bangun pagi lebih awal dapat membantu Anda merasa mengantuk lebih awal pada malam hari.

Padamkan Lampu Kamar
Di malam hari ketika Anda ingin terlelap, batasilah paparan cahaya dari lampu kamar maupun gadget selama dua hingga tiga jam sebelum tidur. Ini berfungsi meningkatkan kadar melatonin dan memberi isyarat pada tubuh Anda bahwa inilah saatnya untuk melepas lelah.

Disiplin dengan Jadwal
Cara untuk menjaga jam tidur Anda agar tetap normal dan sehat adalah disiplin dengan jadwal tidur Anda setiap hari, tidak peduli apakah itu hari kerja atau libur.

Atur Jam Makan Anda
Pola makan Anda rupanya juga berpengaruh pada pola tidur. Oleh sebab itu, demi menjaga jam tidur tetap normal, Anda bisa mengonsumsi sarapan sesegera mungkin setelah bangun tidur. Makan siang pada waktu yang sama setiap hari, dan jangan makan malam setelah jam 19.00 WIB.

Selain itu, hindarilah mengonsumsi kafein setelah jam 15.00 WIB. Selamat mencoba, semoga Anda berhasil!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.