Begini 4 Tips Merebus Buntut Sapi agar Empuh

Avatar of PortalMadura.com
Begini 4 Tips Merebus Buntut Sapi agar Empuh
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Berbagai hidangan lezat yang bisa menjadi olahan adalah buntut sapi. Salah satu yang paling populer adalah diolah menjadi sop buntut. Hanya saja terkadang saat mengolahnya kita kesulitan mendapatkan buntut rebus yang empuk.

Seperti yang dilansir PortalMadura.Com dikutip dari fimela.com, agar buntut sapi bisa empuk saat direbus, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebenarnya tidak terlalu sulit, kok. Yuks, simak dibawah ini.

Hilangkan Bagian Lemak
Buntut sapi perlu dibersihkan terlebih dahulu. Hilangkan bagian lemaknya dengan menggosok-gosoknya di bawah air mengalir. Bersihkan lemak yang masih tertinggal dengan menggunakan pisau.

Buntut sapi yang bersih dan bebas lemak ini nantinya bisa digunakan untuk menghasilkan sop buntut dengan kuah yang lebih bening.

Cuci dengan Air Panas
Buntut sapi yang sudah benar-benar bersih setelah dicuci dengan air panas bisa langsung kita rebus. Buntut sapi yang sudah dibersihkan dan dihilangkan bagian lemaknya bisa dicuci dengan air panas sebagai proses terakhir pembilasan.

Dua Kali Proses Perebusan
Sangat disarankan untuk merebus buntut sapi dua kali. Proses perebusan pertama berfungsi untuk menghilangkan bau prengsi. Dalam proses ini, didihkan air yang sudah diisi daun salam, daun jeruk, dan jahe.

Setelah direbus selama 15 menit, air rebusan bisa dibuang. Lalu, lanjut ke proses perebusan kedua. Dalam proses perebusan kedua, air yang baru dididihkan.

Baca Juga : Cek Fakta! Siapa Joe Ramadhan Yang Hina Mbah Moen

Kemudian masukkan buntut sapi. Di sini kita juga bisa memasukkan aneka bumbu sesuai dengan resep dan hidangan yang ingin kita buat.

Direbus dengan Api Kecil selama 8 Jam
Bila kita tak memiliki panci presto, kita bisa menggunakan panci biasa untuk merebus buntut sapi. Gunakan api kecil saja untuk merebus agar daging tidak menciut dan bisa menjadi lebih empuk.

Biasanya butuh waktu sekitar 8 jam untuk merebus buntut sapi sampai benar-benar empuk. Dalam proses perebusan ini kita bisa saja mengganti airnya sesuai dengan kebutuhan, mungkin dua kali atau tiga kali.

Buntut sapi yang sudah direbus bisa diolah sesuai selera dengan lebih mudah. Kita bisa menggorengnya, membakarnya, atau langsung mengolahnya menjadi sup. Semoga info ini bermanfaat, ya. Selamat memasak!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.