oleh

Begini 5 Cara Mendinginkan Ruangan Anda Tanpa AC

PortalMadura.Com – Saat udara panas, hal yang paling mudah untuk mengatasinya adalah menyalakan pendingin udara atau Air Conditioner (AC). Udara panas pun hilang seketika, Anda bisa tenang tanpa harus berkeringat dan merasakan panas. Namun, menyalakan pendingin udara tentu merupakan pemborosan karena pemakaian listrik yang bisa tidak terkendali.

Apalagi kalau Anda menyalakan AC sepanjang hari. Akan tetapi, masalah ini ternyata bisa diatasi dengan cara yang cukup sederhana. Melansir dari republika.co.id dikutip oleh The Sun, ada lima cara yang bisa dilakukan untuk membuat ruangan terasa lebih sejuk tanpa bantuan AC. Berikut ini adalah kelima cara tersebut.

Menghalau Sinar Matahari
Salah satu cara agar menghalangi paparan sinar matahari masuk kedalam rumah adalah dengan menutup gorden yang terpasang di jendela rumah. Gunakan gorden dengan warna-warna yang terang dan pastikan gorden dalam posisi menutup. Gorden berwana gelap dapat membuat ruangan terasa lebih panas. Bila memungkinkan, sinar matahari dari luar rumah juga bisa dihalangi dengan pemasangan tirai atau material yang memantulkan cahaya di sisi luar jendela.

Angin di Jendela Terbuka
Setelah menutup gorden atau tirai, langkah selanjutnya adalah menempatkan kipas angin pada posisi yang tepat. Saat merasa panas, jangan letakkan kipas angin di dekat tubuh. Letakkan kipas angin di dekat jendela yang terbuka. Posisi ini memungkinkan udara yang sejuk bersirkulasi di dalam ruangan.

Manfaatkan Es Batu
Siapkan satu atau dua botol plastik dan buat lubang-lubang kecil mulai dari bagian tengah hingga atas botol. Setelah itu, isi botol dengan es batu hingga mencapai ketinggian di bawah lubang-lubang kecil yang telah dibuat. Letakkan botol tersebut di depan atau di belakang kipas angin.

Bila memiliki kipas angin dengan jenis tower fan, letakkan nampan berisi batu es di depan kipas tersebut. Cara ini juga dapat membuat angin yang dihembuskan kipas menjadi lebih sejuk.

Hindari Tidur Tanpa Pakaian
Ketika merasa gerah, sebagian orang mungkin terbiasa untuk tidur dengan baju seminim mungkin atau bahkan tanpa baju. Cara seperti ini justru hanya akan membuat tubuh terasa lebih gerah. Upayakan untuk tidur dengan tetap menggunakan pakaian ketika cuaca terasa panas, terutama pakaian yang terbuat dari bahan alami seperti katun.

Pakaian seperti ini dapat menyerap keringat. Ketika keringat yang terserap di bahan baju menguap, penggunanya akan merasa lebih sejuk.

Cabut Pengisi Daya
Pengisi daya yang terpasang pada setop kontak bisa memancarkan panas. Hal serupa juga berlaku untuk beragam alat elektronik lain. Oleh karena itu, upayakan tidak mengisi daya gawai di dalam kamar dan sebisa mungkin tidak menyolokkan kabel alat elektronik di dekat tempat tidur.

Rewiter : Nurul Hijriyah
Sumber : republika.co.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar