Begini Cara Akses Google Drive Tanpa Internet

Avatar of PortalMadura.com
Begini Cara Akses Google Drive Tanpa Internet
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini banyak pengguna yang menggunakan fasilitas penyimpanan cloud seperti . Pasalnya, aplikasi ini bisa mengakses file yang disimpan dari berbagai perangkat dengan mudah.

Kendati demikian, penyimpanan cloud memiliki kelemahan. Seluruh file dan data yang Anda simpan tidak akan bisa diakses jika tidak ada koneksi internet. Bayangkan saja ketika Anda harus menyelesaikan dokumen pekerjaan yang disimpan di Google Drive, namun hal itu tidak bisa dilakukan karena koneksi internet terputus. Menyebalkan bukan?.

Tetapi, tentu saja akan sangat membantu jika Anda bisa mengakses dokumen tersebut dan mengerjakan pekerjaan Anda dalam keadaan . Untungnya, Google memiliki solusi untuk itu. Anda kini bisa mengakse berbagai file dan dokumen yang ada di Google Drive dalam keadaan offline.

Lalu, bagaimana caranya?. Begini tipsnya:

Untuk PC

1. Unduh ekstensi Google Docs Offline melalui Chrome Web Store. Tentu saja Anda harus menggunakan peramban Google Chrome agar bisa melakukan hal ini.

2. Pilih menu Settings, lalu tandai opsi Offline yang ada di bagian General. Google akan melakukan sinkronisasi terhadap file dan dokumen Anda. Setelah selesai, Anda akan bisa mengaksesnya secara offline.

Untuk Smartphone dan Tablet

1. Unduh dan pasang aplikasi Google Drive.

2. Akses menu pengaturan melalui ikon tiga garis horizontal di pojok kiri layar.

3. Pilih opsi Available Offline. Google akan melakukan sinkronisasi terhadap file dan dokumen Anda. Setelah selesai, Anda bisa mengaksesnya secara offline.

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan di fitur ini. Salah satu yang terpenting adalah Google tidak akan melakukan sinkronisasi untuk semua file yang ada di Google Drive Anda, karena jumlah datanya akan sangat besar. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.