oleh

Begini Cara Buat Orek Tempe Pedas Manis

PortalMadura.Com – Salah satu makanan yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat yaitu tempe. Makanan dengan jenis ini terbilang sudah banyak di pasaran, harganyapun juga sangat terjangkau.

Umumnya, seseorang memasak dengan cara digoreng, ditumis atau di beri kuah. Mungkin hal itu sudah biasa, tapi jangan heran jika tempe juga bisa dibuat dengan bumbu spesial yang sangat enak yaitu tempe orek. Sudah pernah dengar apa itu tempe orek?. Daripada Anda penasaran lebih baik yuk buat sendiri resepnya di rumah. Dijamin bikin keluarga Anda ketagihan.

Bahan-bahan:

300 gr tempe, potong dadu
3 siung bawang putih, iris tipis
5 siung bawang merah, iris tipis
5 buah cabai rawit, iris tipis
1 batang serai, memarkan
1 cm lengkuas, memarkan
1 lembar daun salam
1 sdm saus tiram
1 sdt merica bubuk
2 sdm kecap
Garam secukupnya
Air secukupnya

Cara Membuat:

Pertama, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan daun salam, serai, lengkuas dan cabai rawit. Tumis lagi hingga tercium aroma yang sangat sedap.

Kemudian, masukkan kecap manis, saus tiram dan merica bubuk, beri sedikit air agar lebih mencair. Lalu masak hingga mendidih.

Terakhir, masukkan tempe dan masak dengan bumbu hingga kuah habis dan meresap pada tempe, sambil diaduk sesekali. Selesai deh. Tempe orek pedas manis siap disajikan dengan nasi hangat. (vemale.com/Putri)


Komentar