oleh

Begini Cara Hapus Aplikasi Bawaan Agar Ponsel Tak Lemot

PortalMadura.Com – Aplikasi bawaan disebut juga dengan perangkat lunak yang sudah terinstall sebelumnya oleh perangkat ponsel. Aplikasi ini biasanya membuat ponsel terasa berat dan lemot. Akibatnya, pengguna merasa tidak nyaman saat menggunakan smartphone nya.

Oleh karena itu, aplikasi bawaan (Bloatware) ini harus dihapus agar ponsel tidak lagi lambat dan bikin pusing. Perlu Anda ketahui terlebih dahulu, cara hapus aplikasi bawaan merupakan salah satu strategi bagi para perusahaan smartphone untuk mendorong penggunaan aplikasi buatannya.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Ketika membeli perangkat Android baru misalnya, maka Anda akan mendapati adanya aplikasi pada perangkat yang Anda beli tersebut. Beberapa dari aplikasi tersebut dapat memberikan manfaat, namun terdapat pula beberapa aplikasi bawaan yang tidak berguna dan bahkan dapat mengganggu.

Sedangkan cara hapus aplikasi bawaan pada Android tersebut tidak semudah cara hapus aplikasi Android biasa. Beragam aplikasi tersebut, pada umumnya telah terkunci pada sistem sehingga menyebabkannya tidak mudah untuk Anda hapus. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi para pengguna.

Meskipun aplikasi ini tidak mengandung malware, akan tetapi aplikasi ini dapat menyita ruang penyimpanan hingga memakan kapasitas RAM. Hal ini tentu akan mengakibatkan ponsel Anda menjadi lemot.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara hapus aplikasi bawaan pada smartphone agar lebih lancar kinerjannya. Lantas, bagaimana caranya?. Berikut ini cara hapus aplikasi bawaan pada Android tanpa root sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (23/9/2021) dari laman sindonews.com:

Melakukan Uninstall pada Aplikasi

Untuk dapat mencopot aplikasi bawaan, Anda tidak perlu harus melakukan rooting pada perangkat Android Anda. Pasalnya, terdapat beragam aplikasi bawaan yang dapat langsung anda uninstall dari ponsel Anda. Langkah-langkah dalam uninstall aplikasi bawaan tanpa root yaitu:

Masuk dalam fitur “Settings”, lalu klik pada menu “Apps”. Selanjutnya Anda langsung memilih aplikasi bawaan yang akan Anda uninstall. Aplikasi bawaan yang dapat Anda uninstall adalah aplikasi yang mempunyai simbol “kotak” pada kanan. Langkah berikutnya, Anda dapat uninstall aplikasi tersebut.

Cara hapus aplikasi bawaan ini dapat Anda gunakan untuk berbagai jenis perangkat Android manapun. Meskipun mempunyai merek HP Android yang berbeda, akan tetapi konsep untuk uninstall adalah sama.

Melakukan Disable pada Aplikasi

Caranya dengan membuka menu Setting, lalu pilih Apps. Selanjutnya geserkan pada bagian sebelah kanan hingga muncul tab All Category. Langkah ini mungkin berbeda pada masing-masing perangkat. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat masing-masing.

Kemudian pilih aplikasi yang akan Anda hapus, lalu klik tombol “disable”. Dalam hal ini, akan ada peringatan untuk tidak menghapus aplikasi yang penting. Kemudian klik Ok.

Perlu Anda ketahui, tidak semua aplikasi bawaan dapat Anda disable sesuai dengan keinginan Anda. Pasalnya, dalam sebuah perangkat terdapat beberapa aplikasi cukup penting yang tidak boleh Anda disable. Seperti aplikasi kontak, SMS, telepon, dan lain sebagainya.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Melalui Google Play Store

Buka Google Play Store, selanjutnya buka menu. Ketuk Aplikasi & Game Saya, kemudian Install. Dengan demikian, Anda dapat membuka menu aplikasi yang sudah terinstall pada smartphone Anda.

Lalu, pilih aplikasi yang akan Anda hilangkan, maka hal ini akan membawa Anda pada halaman aplikasi tersebut pada Google Play Store. Kemudian, klik hapus. Anda akan dengan mudah untuk menonaktifkan aplikasi bawaan serta aplikasi pra install lainnya.

Cara hapus aplikasi bawaan dalam sebuah perangkat Android untuk menonaktifkan aplikasi bloatware yang tidak Anda perlukan sangat penting untuk kecepatan akses. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar