Begini Cara Mudah Cegah Penyakit Katarak

Avatar of PortalMadura.com
Begini Cara Mudah Cegah Penyakit Katarak
Ilustrasi (Tribunnews.com)

PortalMadura.Com – Sebagai negara tropis, kasus penyakit di Indonesia rasanya masih cukup tinggi daripada negara lain. Salah satu pemicunya yaitu kurangnya kesadaran menjaga kesehatan mata.

Meskipun setiap orang berpotensi menderita katarak karena pengaruh bertambahnya usia. Tapi selain itu, faktor gaya hidup juga bisa memengaruhi kualitas mata seseorang.

“Sebenarnya hidup sehat saja sudah cukup. Banyak mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung antioksidan supaya nggak cepat katarak. Lalu, tidak merokok dan pakai topi, sunglasses serta kacamata anti UV,” kata dokter spesialis mata di Klinik Utama Mata Jakarta Eye Center (JEC) Bekasi, Jawa Barat, Nashril Ihsan.

Katarak juga bisa dipicu diabetes atau penyakit mata lainnya, trauma kecelakaan, bayi yang terlahir infeksi atau penggunaan kacamata dengan minus di atas 6.

Meskipun bisa sembuh total dengan sekali operasi, penderita katarak yang telah berusia lanjut atau dengan kondisi tertentu, tidak akan terlalu banyak membantu.

“Kalau kondisi korneanya tidak baik, biasanya kami tidak anjurkan operasi karena keadaannya tidak akan jadi lebih baik. Biasanya, kalau terkena makula degeneration atau kemunduran penglihatan karena usia, setelah operasi juga tidak akan bisa melihat,” ungkap Iwan Soebijantoro, Dirut JEC Medika Indonesia.

Baca Juga : 7 Jenis Makanan yang Bisa Anda Konsumsi untuk Cegah Katarak

Pencegahan sangat penting dilakukan sebelum terlambat. Sangat dianjurkan untuk memeriksakan mata secara teratur, terutama mereka yang memiliki cacat mata seperti minus maupun plus.

Upaya yang tidak kalah penting adalah selalu pakai kacamata hitam saat harus melakukan aktivitas fisik di luar ruangan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.