Begini Cara Mudah Cek RAM Laptop Tanpa Aplikasi/Software

Avatar of PortalMadura.com
Begini Cara Mudah Cek RAM Laptop Tanpa Aplikasi/Software
Cara Mudah Cek RAM laptop, untuk ketahui kapasitas RAM Laptop anda.

PortalMadura.com- Bagi anda pengguna laptop yang awam degan tekknologi Lpatop atau komputer untuk mengetahui RAM yang anda gunakan mungkian akan mengalami kesulitan. Padahal anda sangat membutuhkan infromasi RAM laptop tersebut.

Terlebih, saat ini banyak software yang mensyaratkan penggunaan RAM minimum dalam menjalankan softwarenya,

Sebelum masuk ke cara memeriksa RAM, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu RAM.

RAM adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data sementara ketika laptop atau komputer sedang beroperasi.

Data yang disimpan di RAM bersifat volatile, artinya jika laptop dimatikan atau restart, maka data tersebut akan hilang.

Pentingnya Memeriksa RAM pada Laptop

RAM memiliki peran yang sangat penting dalam kinerja laptop dan komputer. Semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat pula kinerja laptop. Oleh karena itu, memeriksa kondisi RAM secara berkala sangat penting untuk memastikan kinerja laptop optimal dan terhindar dari masalah seperti lelet atau hang.

Cara cek RAM Laptop

Berikut ini beberapa cara mengecek RAM laptop yang bisa kami bagikan untuk anda.

1. Cara Cek RAM Melalui Task Manager

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk memeriksa RAM pada laptop adalah melalui Task Manager. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Langkah 1: Buka Task Manager Untuk membuka Task Manager, tekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Esc pada keyboard laptop kamu.

b. Langkah 2: Pilih Tab Performance Setelah Task Manager terbuka, pilih tab Performance.

c. Langkah 3: Periksa Penggunaan RAM Di dalam tab Performance, kamu akan melihat penggunaan CPU, Memory, Disk, dan Ethernet. Untuk memeriksa penggunaan RAM, lihat bagian Memory. Di sana akan tertera informasi mengenai kapasitas RAM yang digunakan dan tersedia.

2. Cara Cek RAM Melalui BIOS

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk memeriksa kondisi RAM pada laptop adalah melalui Basic Input Output System (BIOS). Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Langkah 1: Restart Laptop Untuk masuk ke menu BIOS, kamu perlu merestart laptop terlebih dahulu. Pastikan semua program yang sedang berjalan sudah ditutup.

b. Langkah 2: Masuk ke Menu BIOS Pada saat laptop restart, tekan salah satu tombol F1, F2, F11, F12, atau Del pada keyboard laptop kamu untuk masuk ke menu BIOS.

c. Langkah 3: Cek Kapasitas RAM Setelah berhasil masuk ke menu BIOS, kamu akan melihat informasi mengenai spesifikasi laptop. Informasi yang dibutuhkan adalah kapasitas RAM. Informasi ini biasanya tertera pada bagian System Information atau System Configuration.

Memeriksa kondisi RAM pada laptop sangat penting untuk memastikan kinerja laptop optimal dan terhindar dari masalah seperti lelet atau hang. Dalam artikel ini, kami telah membahas cara cek RAM laptop tanpa aplikasi dengan mudah melalui Task Manager dan BIOS. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan secara berkala agar laptop atau komputer kamu tetap berjalan dengan baik dan tidak mengalami masalah di kemudian

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.