Begini Cara Rekam Video Screenshot Layar di Handphone Anda

Avatar of PortalMadura.com
Begini-Cara-Rekam-Video-Screenshot-Layar-di-Handphone-Anda
dokumentasi

PortalMadura.Com – Apakah Anda ingin merekam video di layar smartphone tapi tidak tahu bagaimana caranya?. Tenang saja, di sini akan dijelaskan cara-caranya sehingga memudahkan Anda melakukan perekaman yang diinginkan.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dari sini, mulai dari memperlihatkan tutorial, merekam aktivitas game, untuk presentasi, hingga untuk lucu-lucuan seperti meme.

Perlu Anda ketahui, beberapa OS memang memiliki fitur ini sehingga perekaman video layar bukan hal yang sulit. Tapi, juga ada banyak sekali smartphone yang masih belum memiliki fitur ini sehingga harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Nah, deretan pabrikan smartphone yang secara native atau asli memiliki fitur perekaman video screenshot layar di antaranya OnePlus, Xiaomi, Sony, serta Huawei dan Honor. Jika smartphone Anda adalah deretan smartphone ini, Anda tinggal mengaktifkannya di Quick Setting atau bahkan sudah tersemat di tombol power yang tinggal dipencet saja.

Sedangkan di Samsung, Anda bisa melakukan perekaman layar untuk aktivitas gaming Anda menggunakan Samsung Game Launcher, yang sudah langsung tersedia tombol screen recording di pojok kiri atas.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Google Play Games untuk merekam aktivitas game Anda. Untuk menggunakan ini Anda diharuskan sign in ke Play Games dan wajib menggunakan akun.

Salah satu aplikasi pihak ketiga yang cukup mumpuni untuk merekam video screenshot layar adalah AZ Screen Recorder. Tidak hanya itu, masih ada beberapa aplikasi lain yang bisa Anda pilih, dan semuanya tersedia di Google Play Store, seperti ScreenCam, DU Recorder, Mobizen, RecMe, dan Lollipop.

Daripada penasaran caranya, langsung saja ikuti langkah untuk merekam layar menggunakan AZ Screen Recorder berikut ini seperti dilansir PortalMadura.Com, Rabu (27/1/2021) dari laman Merdeka.com:

– Pertama, unduh aplikasi di Google Play Store.

– Aplikasi akan meminta akses untuk screen overlay. Hal ini akan membuat ada aplikasi yang ‘mengapung' di atas layar setiap saat. Ketuk ikon ini untuk memulai.

– Ubah setelan sesuai keinginan Anda, dan mulai merekam dengan mengetuk tombol rekam.

– Anda bisa menghentikan perekaman dengan menarik tab notifikasi dan tekan setop.

Selesai, Anda sudah bisa melakukan perekaman video screenshoot dari layar smartphone Anda. Selamat mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.