Begini Cara Sukses Kirim Surat Lamaran Lewat Email, No 3 Sering Diabaikan

Avatar of PortalMadura.com
Begini Cara Sukses Kirim Surat Lamaran Lewat Email, No 3 Sering Diabaikan
ilustrasi (Job-Like.com)

PortalMadura.Com – Di zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, beberapa perusahaan memanfaatkannya sebagai ajang penyeleksian calon pegawai dengan cara mengirim berkas lamaran melalui .

Hal ini bertujuan untuk memudahkan HRD menjalankan tugasnya. Walaupun sudah menjadi hal yang umum, tapi masih banyak orang yang salah kaprah dalam menulis yang dikirim.

Nah, agar Anda sukses dalam mengirim surat itu, berikut ini ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan saat akan mengirim surat lamaran pekerjaan melalui email. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini:

Gunakan Alamat Email yang Profesional
Saat mengirim lamaran pekerjaan selalu gunakan email yang profesional. Email profesional ini seringkali digunakan untuk mendaftar akun sosial dan dapat Anda akses dengan mudah. Usahakan membuat email dengan nama Anda yang sebenarnya. Menggunakan nama yang sebenarnya akan membantu menyakinkan HRD.

Gunakan Subject yang Benar
Saat menuliskan email untuk lamaran pekerjaan jangan lupa untuk menuliskan subject pada email. Gunakan subject yang jelas dan ringkas. Di info lowongan pekerjaan biasanya menyertakan kode jabatan yang dibutuhkan. Usahakan untuk menulis sesuai dengan yang diminta pada info lowongan pekerjaan.

Jangan Lupa untuk Menulis Cover Letter di Body Email
Untuk mengirimkan surat lamaran melalui email, usahakan untuk menulis cover letter di body email. Jangan biarkan body email kosong tanpa pengantar apapun. Cover letter ini berfungsi sebagai jalan HRD untuk tertarik membuka CV yang Anda kirim.

Di cover letter usahakan berikan alasan mengapa Anda layak di-hire oleh HRD. Sst, setiap perusahaan dengan skala kecil pun sekali mendapat email lamaran pekerjaan 10-20 email. Tentu Anda bisa membayangkan berapa email yang didapat perusahaan dengan skala besar?. Jadi biasakan untuk menulis cover letter sebaik mungkin.

Siapkan Berkas Lamaran dengan Data yang Tidak Besar
Hindari mengirim berkas lamaran dengan data yang besar. Besar data kurang dari 10Mb akan membuat surat lamaran Anda lebih dilirik. Siapkan portofolio sebaik mungkin. Siapkan data dengan format PDF agar dapat dibuka di berbagai device.

Dalam dunia kerja ada 3 hal yang penting Anda ketahui yaitu karya, attitude dan tepat waktu. Karya dapat dilihat dari portofolio yang Anda cantumkan dalam surat lamaran. Tepat waktu akan diketahui saat Anda bekerja. Dan yang terakhir attitude, dilihat dari bagaimana Anda mengirim surat lamaran.

Jadi masih yakin mengirim surat lamaran sesuka hati?. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Tetap semangat dan semoga sukses. (Vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.