Begini Cara yang Benar Rawat Roda Kemudi

Avatar of PortalMadura.com
Begini Cara yang Benar Rawat Roda Kemudi
ilustrasi

PortalMadura.Com atau merupakan salah satu komponen yang bersentuhan langsung dengan si pengendara. Komponen yang satu ini memiliki peran vital, namun kerap luput dalam hal perawatan. Sehingga, terkadang kinerjanya kurang maksimal.

Bahkan, seiringnya waktu setir bisa mengalami kerusakan sehingga berdampak pada kenyamanan berkendara. Selain itu, kondisi roda kemudi ini bisa ikut berkontribusi dalam menjaga harga jual kendaraan.

Sebenarnya, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga roda kemudi tetap prima. Pertama, yaitu selalu menjaga kebersihannya dari kotoran yang menempel.

Caranya, cukup dengan mengelap menggunakan cairan pembersih kulit. Kemudian bersihkan dengan kain yang lembap untuk membersihkan cairan pembersih yang menempel secara berlebih, lalu dikeringkan dengan memakai kain lembut yang kering.

Langkah selanjutnya, adalah menjaga kelembapan roda kemudi menggunakan kondisioner khusus material kulit. Proses ini penting untuk menjaga kelenturan, durabilitas dan kelembutan kulit roda kemudi.

Cara pengaplikasiannya, yakni dengan menggunakan tangan secara langsung. Selagi kulit roda kemudi diusap, berikan sedikit pijatan menggunakan tangan untuk memastikan cairan terserap sempurna. Diamkan selama 30 menit sebelum dibersihkan kembali menggunakan kain bersih.

Perlu diketahui, ketika melakukan perawatan roda kemudi ada baiknya memilih waktu yang cukup luang. Soalnya, Anda harus membiarkan cairan kimia yang diaplikasikan mengering atau terserap ke dalam kulit roda kemudi.

Pasalnya, apabila proses tersebut dilewati akan sangat membahayakan pengendara karena roda kemudi menjadi licin. Oleh karena itu, apabila Anda tidak memiliki cukup waktu untuk membiarkan cairan kimia tersebut ada baiknya menggosoknya dengan kain bersih hingga kering.

Itulah cara merawat roda kemudi agar awet dan kinerjanya tetap maksimal sehingga bisa menjaga keselamatan pengendara. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.