Begini Trik Jitu Cegah Motor Mogok Saat Musim Hujan

Avatar of PortalMadura.com
Begini Trik Jitu Cegah Motor Mogok Saat Musim Hujan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini sudah mulai merata di seluruh Indonesia. Bahkan, di beberapa daerah sampai ada yang terendam banjir. Karena itu, masyarakat harus terus berhati-hati, khususnya bagi pengendara roda dua.

Pasalnya dibandingkan pengendara mobil, pengguna roda dua lebih berisiko saat jalanan licin. Apalagi ketika tiba-tiba kendaraan mogok di tengah jalan akibat genangan air, tentu hal ini sangat menyebalkan.

Menurut Technical Service Analyst Astra Motor Jakarta, Rangga Noviar mengatakan, ada beberapa langkah agar pengendara sepeda motor tidak mengalami mogok saat berkendara di tengah hujan.

“Biar enggak mogok pas hujan, pastikan motor tidak melintasi genangan air melebihi lubang knalpot. Ada kemungkinan air akan masuk ke ruang bakar dan mengganggu sistem pembakaran,” ujarnya.

Selain itu, Rangga menyarankan sebelum berkendara saat hujan, pengendara terlebih dahulu mengganti tutup busi bila ditemukan retakan pada karetnya. Sebab, air berpotensi masuk ke terminal busi dan mengganggu sistem pengapian.

“Selalu pastikan tidak ada kabel yang terkelupas. Karena kabel yang terkelupas bisa mengakibatkan konsleting, disarankan tidak melakukan modifikasi yang dapat merusak kabel,” tuturnya.

Terakhir, lanjut Rangga, dalam kondisi mesin panas, disarankan tidak melintasi langsung genangan air yang tinggi. Karena akan terjadi perubahan suhu mesin yang signifikan sehingga dapat mengganggu kinerja mesin.

“Jangan lupa, pastikan soket-soket kabel terbungkus dengan rapi” tutup Rangga. (viva.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.