Belasan Aktifis Kritisi Perusahaan Beri Upah Minim

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.com, – Belasan aktifis mahasiswa yang tergabung dalam Front Aksi Mahasiswa Sumekar (Fams) melakukan aksi unjuk rasa dalam rangka memperingati hari buruh. Mereka menilai sejumlah perusahaan seperti PT Garam tidak memberikan upah bagi buruhnya sesuai UMK sebesar Rp 1.090.000.

“Di Sumenep ini banyak perusahaan memberi upah bagi karyawannya dibawah UMK, seperti PT Garam,” kata Hazmi, korlap aksi, Kamis (1/5/2014).

Selain berorasi, mereka membawa sejumlah poster dengan tulisan “Bupati Sumenep, stop perusahaan yang tidak sesuai dengan UMK”, “Stop diskriminasi buruh” dan “UMK harus menyejahterakan buruh”.

“Kami juga minta Bupati Sumenep menghentikan perusahaan yang tidak memberi upah karyawannya sesuai UMK yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Ia menegaskan, perusahaan harus memikirkan karyawan atau buruhnya, sehingga upah yang diberikan itu benar-benar mensejahterakan karyawan.

“Buruh juga membutuhkan sejahtera. Jadi upah yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan. Penetapan UMK itu juga berlandaskan pada kebutuhan masyarakat,” terangnya.(arif/nia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.