oleh

Belasan Ribu Penerima Bantuan Iuran Daerah Fiktif

PortalMadura.Com, Bangkalan – Penerima Bantuan Iuran Daerah (PBID) BPJS Kesehatan di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, banyak yang fiktif.

Dinas Kesehatan Bangkalan menemukan sedikitnya 11 ribu lebih yang fiktif dari 155 ribu data penerima PBID yang iurannya dibayar oleh Pemerintah Daerah Bangkalan.

“Artinya, data tersebut bodong,” terang Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan, Sudiyo, Rabu (15/1/2020).

Data belasan ribu PBID itu, orangnya ada yang sudah pindah dan mati. “Bayangkan, kalau preminya Rp 42 ribu per orang. Kalau dikalikan mencapai Rp 500 juta tiap bulan. Total dalam satu tahun mencapai Rp 6 miliar dibuat membayar data bodong,” jelasnya.

Pihaknya akan melakukan validasi terhadap data PBID tersebut agar program pemerintah benar-benar tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Validasi itu akan ada tahapannya. Tahapan pertama kita sandingkan dengan Dispenduk. Yang kedua kita sandingkan dengan Dinsos. Tahapan ketiga kita potret langsung ke lapangan,” ujarnya.

Para bidan juga akan dilibatkan langsung yang sudah bertugas di setiap desa. “Saya punya petugas bidan di semua desa dan kelurahan. Kita nanti bisa kroscek langsung ke lapangan untuk mengetahui kebenarannya, apa betul dia orang tidak mampu,” tandasnya.(*)

Penulis : Imron
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.