Benarkah Air Hujan Bikin Sakit? Ini Jawabannya

Rain Photos 21
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Hujan merupakan momen yang mengandung kontroversi, karena ada beberapa orang yang menyukai hujan dan ada pula yang tidak menyukainya karena berbagai alasan. Misalnya, saat anak kecil bermain hujan, maka mereka akan merasakan kebahagiaan yang tidak tertanding. Bukan hanya mereka, orang dewasa pun masih suka mandi hujan.

Namun, selain mendapatkan kesenangan tersendiri ketika mandi hujan,ternyata ada dampak lain yang seringkali didapatkan saat tubuh terkena air hujan. Salah satunya akan menyebabkan sakit. Hal ini bukan tanpa sebab, ada alasan ilmiah mengapa hujan dapat menyebabkan sakit.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini alasan ilmiah mengapa saat tubuh terkena air hujan bisa sakit:

Kekebalan Tubuh Menurun
Saat Anda menerobos hujan akan terjadi perubahan suhu yang mendadak dan akan mempengaruhi kekebalan tubuh Anda. Kekebalan tubuh Anda turun saat terkena guyuran air hujan. Hal inilah yang membuat tubuh Anda mudah terserang penyakit, seperti flu dan demam.

Pada saat hujan, tekanan udara di sekitar juga turun. Udara dingin membuat kekebalan tubuh Anda turun. Apalagi Anda yang terbiasa hidup di daerah tropis, udara dingin akan membuat Anda mudah sakit.

Hujan akan Membuat Udara Lebih Lembap
Udara yang lembap saat hujan akan membuat virus mudah menyebar. Pada kondisi ini virus dan bakteri mudah berkembang biak, sehingga cepat menginfeksi tubuh Anda yang sedang lemah.

Untuk itu, saat musim penghujan sebaiknya Anda tetap menjaga sirkulasi udara. Jangan lupa untuk selalu membuka jendela, terutama saat pagi agar kesegaran udara dalam ruangan tetap terjaga.

Sifat Asam pada Air Hujan
Ketika air hujan bersifat asam, apalagi hujan gerimis, konsentrasi asam semakin tinggi. Hal inilah yang menyebabkan tubuh menjadi lebih rentan sakit saat terkena gerimis daripada hujan. Kondisi air yang bersifat asam ini jika terkena tubuh akan menimbulkan sakit dan infeksi.

Para ahli menyarankan untuk segera mandi setelah Anda terkena hujan untuk menghilangkan asam pada tubuh.

Itulah beberapa alasan mengapa air hujan dapat membuat Anda sakit. Hujan itu tidak selalu romantis dan membuat galau, justru membuat Anda mudah sakit. Jadi, selalu sediakan payung dan jas hujan saat bepergian agar terhindar dari hujan. Semoga setelah membaca artikel ini semuanya lebih hati-hati lagi dalam menjaga kesehatan tubuh Anda ya. Semoga bermanfaat. (vemale.com/Qory)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.