Benarkah Daya Tahan Lampu Motor yang Menyala Otomatis Lebih Boros?

Avatar of PortalMadura.Com
Benarkah Daya Tahan Lampu Motor yang Menyala Otomatis Lebih Boros?
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sesuai dengan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 pasal 107 ayat 2 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang mengatur tentang pengemudi sepeda motor wajib menyalakan lampu utama pada siang hari, tidak lain bertujuan untuk menambah keamanan atau keselamatan dalam berkendara.

Semenjak dikeluarkannya peraturan tersebut membuat para produsen roda dua kini menyematkan lampu utama yang dapat menyala secara otomatis sehingga membantu konsumen dalam melakukan perjalanan. Karena dengan kehadiran fitur ini, pengguna tidak perlu lagi menyalakan lampu kendaraannya secara manual. Cukup hidupkan mesin, lampu otomatis akan menyala.

Disamping kemudahan tersebut tidak sedikit orang atau pengguna sepeda motor roda dua mengeluhkan karena daya tahan aki serta lampu yang digunakan. Mereka beranggapan, lampu yang terus menerus menyala akan boros listrik dan mengurangi daya tahan lampu itu sendiri.

Dilansir PortalMadura.Com Kamis (10/2/2017), pada laman viva.co.id, kepala bengkel Astra Motor Jakarta di bilangan Dewi Sartika, Jakarta Timur, Eko Eddy Saputro mengatakan, sebenarnya tidak ada perbedaan daya tahan antara lampu yang menyala secara manual dan otomatis.

“Itu sih sama saja, karena sistem penerangannya beda. Kalau yang otomatis, ada pembatasan arusnya juga. Namanya Automatic Headlamp On (AHO). Jadi, jenis lampu dan semuanya disesuaikan,” katanya.

Menurut Eddy, hadirnya fitur ini akan lebih membuat pengendara terhindar dari bahaya saat mengendarai kendaraan.

“Soalnya, lampu menyala terus kan. Kelihatan sama pengendara lain, dan tentu mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian pengendara,” ujarnya.

Eddy juga mengungkapkan, masa waktu pemakaian lampu sistem AHO cukup lama. “Itu tidak tahun awetnya, tapi hitungan jam. Kalau digunakan, biasanya hitungannya per 10 ribu jam sudah habis,” tuturnya. (viva.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.