Benarkah Rutin Konsumsi Keju Bisa Bikin Panjang Umur?

Avatar of PortalMadura.com
Benarkah Rutin Konsumsi Keju Bisa Bikin Panjang Umur?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Banyak orang yang beranggapan bahwa teh hijau dan bluberi dapat memberikan nutrisi super dibandingkan makanan lainnya. Namun, ternyata rutin mengonsumsi juga bisa memperpanjang harapan hidup seseorang.

Mengapa demikian?. Sebab, probiotik yang ditemukan dalam keju seperti emmental dan gruyère terbukti secara klinis dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Probiotik ini sebenarnya juga ditemukan pada produk susu lainnya, yang diyakini sebagai minuman yang dapat melawan penuaan dini.

Namun dalam sebuah penelitian, jumlah probiotik pada keju cenderung lebih banyak sehingga membuatnya mendapat julukan baru sebagai ‘super food‘.

Pasalnya, keju emmental mengandung propionibacterium freudenreichii, bakteri yang terbukti dapat meningkatkan usia harapan hidup cacing yang diteliti dengan mengubah laktat menjadi asetat, propionat dan karbon dioksida.

Asetat dan propionat merupakan zat yang memengaruhi kekebalan tubuh terutama di dalam usus manusia. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa probiotik dalam keju dapat memperpanjang umur manusia yang mengonsumsinya dengan melindungi tubuh dari patogen, memprovokasi efek anti-inflamasi pada sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan respons stres tubuh.

Bahkan tidak hanya keju jenis emmental dan gruyère yang memiliki khasiat ini, penelitian pun menemukan keju cheddar dan brie yang lebih mudah ditemukan juga memiliki manfaat memperpanjang umur.

Temuan ini juga menunjukkan bahwa mengonsumsi keju secara teratur dapat melindungi Anda dari penyakit jantung. (suara.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.