Bentuk Anak Menjadi Penghafal Al-Quran, Berikut Caranya

  • Bagikan
Bentuk-Anak-Menjadi-Penghafal-Al-Quran,-Berikut-Caranya
orami.co.id/islamicphonicsreaders.com

PortalMadura.Com – Memiliki anak yang cerdas adalah impian semua orang tua, lebih-lebih anak yang mampu menjadi penghafal Al-quran. Hampir semua orang tua mendambakan anak yang demikian, karena saat seorang anak menjadi penghafal Al-quran, maka akan membawa kemuliaan bagi kedua orang tua baik di dunia maupun di akhirat.

Al-quran sebagai kitab suci umat Islam adalah suatu pegangan dan juga pedoman untuk kehidupan manusia, maka dari itu, kesuciannya harus tetap di jaga sampai kapanpun. dengan menjadikan anak sebagai penghafal Al-quran maka secara tidak langsung Anda telah menjaga kemuliaan Al-quran.

Namun tahukah Anda bagaimana caranya untuk membuat Anak bisa menjadi penghafal Al-quran? Dilansir dari parentingcenter.id, Senin (13/12/2021) berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan anak sebagai penghafal Al-quran :

Biasakan Anak Mendengar Bacaan Ayat Suci Al-Quran

Kegiatan ini adalah cara yang paling awal untuk bisa menjadikan anak penghafal Al-quran. Hal ini bisa dimulai sejak anak masih dalam kandungan. Buatlah anak menjadi akrab dengan bacaan ayat suci Al-quran sejak dini, maka saat anak tumbuh, alam bawah sadarnya telah kenal dengan bacaan Al-quran.

Berikan Anak Tontonan Pembelajaran Al-quran

Anak-anak memiliki kecenderungan terhadap audio visual, maka kesempatan ini jangan sampai dilewatkan, jadikan ini kesempatamn untuk mengarahkan anak pada tontonan yang mengarah pada pembelajaran Al-quran agar anak semakin senang dengan Al-quran.

Menyetel Kaset Tilawah untuk Anak

Cara ini terbilang cukup sederhana, tetapi percayalah, melakukan cara ini setiap hari dapat membuat anak menjadi semakin candu dan rindu dengan bacaan Al-quran.

Bermain Menghafal Al-quran dengan Anak

Bermain-main adalah kesenangan anak-anak, maka untuk membuat anak belajar namun tetap mengikuti kesenangan mereka, Anda bisa mengajaknya tebak-tebakan ayat atau sambung ayat.

Membaca Hafalan Surat Pendek Sebelum Tidur

Nah, kebiasaan sederhana ini akan membuat anak terus mengingat bacaan Al-quran dengan kuat. Lebih baik lagi jika ornagtua mengajak anak menghafal surat- surat pendek yang mudah dihafal sebelum tidur agar hafalannya mudah meletak dalam otak anak.

Nah, itu adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan anak penghafal Al-quran. Semoga bermanfaat

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.