oleh

Bentuk Heart Immunity, Penerima BLT DD Disuntik Vaksin di Sampang

PortalMadura.Com, Sampang – Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Banjar Billah, Kecamatan Tambelangan,

Camat Tambelangan, Sampang, Kiyatno menyampaikan, vaksinasi dilakukan pada proses pencairan BLT DD terhadap penerima manfaat oleh tim Satuan Tugas (Satgas) penanganan dan penanggulangan Covid-19.

“Guna mewujudkan terbentuknya Heart Immunity, Tim Gugas (Gugus Tugas) Covid-19 Kecamatan Tambelangan melakukan vaksinasi saat realisasi bantuan BLT-DD,” katanya, Kamis (2/9/2021).

Menurutnya, penyaluran BLT DD menjadi momen yang tepat untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Lantaran, antusias masyarakat sangat tinggi pada proses pencairan bantuan.

Kiyatno mengakui, jika sasaran dan target pemerintah untuk suntik vaksin Covid-19 adalah seluruh warga penerima BLT DD di wilayah Sampang.

“Kecuali, penerima ada yang tidak layak untuk divaksin karena memiliki riwayat penyakit. Alhamdulillah, antusias masyarakat sangat banyak dan sadar untuk mengikuti kegiatan vaksinasi,” ujarnya.

Kiyatno menyebutkan, kegiatan suntik vaksin tidak ada unsur paksaan kepada masyarakat. Namun, menjadi salah satu syarat untuk pencairan BLT DD kepada penerima yang layak disuntik vaksin.

Capaian vaksinasi di Kecamatan Tambelangan, lanjutnya, masih terhitung sangat minim.

Berbagai cara dilakukan untuk meyakinkan publik, di antaranya sosialisasi terhadap masyarakat, anak usia 12 atau sampai pelajar jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Saat ini, telah banyak yang melakukan vaksinasi mandiri dengan berkunjung ke Puskesmas Tambelangan,” imbuhnya.

Tenaga Kesehatan (Nakes), dr. Jamaluddin menjelaskan, sebelum penyaluran BLT DD, jumlah warga yang disuntik vaksin Covid-19 di Desa Banjar Billah hanya mencapai 20 persen.

“Semoga dengan realisasi program bantuan sosial, masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi terus meningkat,” ujarnya.

Sesuai dengan jumlah data penerima BLT DD Banjar Billah, pihaknya telah menyediakan sebanyak 272 dosis vaksin Covid-19. Bahkan, masyarakat diajak untuk segera ikut suntik vaksin sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

“Kami siap melayani masyarakat yang akan menjalani suntik vaksin, dan dilakukan setiap hari selama jam kerja. Jadi, jangan khawatir untuk pelayanan,” pungkasnya.(*

Komentar