oleh

Lakukan ini Agar Tidak Gugup Saat Presentasi

PortalMadura.Com – Grogi merupakan hal wajar yang pasti pernah dirasakan oleh semua orang baik bagi pembicara pemula maupun pembicara profesional sekalipun. lebih lebih saat melakukan presentasi di depan dosen atau atasan yang derajatnya dianggap lebih tingi dari kita.

Sebagai pembicara sebaiknya perasaan grogi harus mampu dikendalikan. sebab jika dibiarkan maka akan sangat mengganggu jalannya presentasi. Dilansir dari laman Ronapresentasi.Com, berikut tips agar Anda terhindar dari rasa grogi saat melakukan presentasi:

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Melakukan Persiapan

Persiapan sangat penting dalam menyukseskan berlangsungnya presentasi Anda, seperti membantu anda lebih percaya diri dan tenang saat berada di hadapan audiens.

Hal hal yang perlu Anda siapkan seperti penyusunan materi dan media presentasi agar saat presentasi berlangsung apa yang anda sampaikan tertata secara baik.

Berpikir Positif

Saat Anda sudah melakukan persiapan maka biasanya secara otomatis kepercayaan diri Anda akan meningkat. Namun apabila saat di lokasi anda kembali grogi, maka selanjutnya Anda perlu mengalihkan pikiran anda untuk berpikir positif. Misal, dengan meyakini bahwa Anda akan mampu melakukannya dengan baik dan audiens akan mengapresiasi presentasi Anda.

Fokus

Saat melakukan presentasi penting sekali untuk menjaga fokus Anda tetap pada materi dan juga audiens. Anda tidak perlu berpikiran yang aneh-aneh, jika Anda menjumpai audiens yang masih sibuk dengan ponselnya, atau tidak memperhatikan apa yang Anda sampaikan, maka abaikan saja tetap fokus pada presentasi Anda. Apabila Anda sudah mampu menguasai panggung, maka audiens pasti akan menjadi respek dan memperhatikan Anda.

Nah itu adalah tips untuk menghilangkan grogi yang bisa Anda lakukan, pasa intinya semua orang pasti pernah mengalami grogi, namun sebagai pembicara yang baik kita harus mampu meminimalis sikap tersebut dan mencari jalan keluar sesuai dengan tipe.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar