Berat Badan Mudah Naik Saat Stres? Ini 3 Sebabnya

Avatar of PortalMadura.com
Berat Badan Mudah Naik Saat Stres? Ini 3 Sebabnya
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Stres merupakan gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Bagi sebagian orang mengalami hal ini bisa berimbas pada kenaikan berat badan.

Nafsu makan yang bertambah akibat stres menjadi salah satu faktor penyebab naiknya berat badan. Selain itu, masih ada beberapa faktor yang bisa menambah berat badan ketika stres. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Rabu (9/10/2019) dari laman liputan6.com yang dikutip dari Times of India.

Berikut ini faktor naiknya berat badan saat stres:

Makan Untuk Mencari Kenyamanan

Banyak orang yang mengatasi stres dengan mencari kenyamanan lewat makanan. Ini terjadi karena stres memicu pelepasan hormon seperti adrenalin dan kortisol.

Baca Juga:  Bersama PDIP dan SAI, Pendaftar Operasi Mata Katarak Gratis Tembus 348 Orang

Ketika tingkat stres meningkat, tubuh menghasilkan lebih banyak hormon-hormon ini. Adrenalin mempersiapkan tubuh kita Anda untuk bertindak dan mengurangi keinginan Anda untuk makan.

Setelah efek adrenalin berkurang, kortisol mengambil alih. Kelebihan kortisol dalam sistem dapat meningkatkan keinginan untuk makanan yang tidak sehat. Jika dituruti, emotional eating ini bisa berbahaya bila tidak memperhatikan asupan kalori.

Baca Juga: Bawa Sabu, Polisi Tangkap Warga Bangkalan

Sulit Tidur

Saat stres, secara otomatis Anda akan merasa sulit untuk tidur di malam hari. Kurang tidur membuat Anda merasa kesal dan lelah. Hal itu menyebabkan Anda tidak berolahraga dan emotional eating yang tidak baik ketika sedang mencoba mengurangi berat badan.

Metabolisme Tubuh Melambat

Sesuai penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Ohio State University pada 2015, stres dapat memperlambat metabolisme pada wanita. Stres juga dapat meningkatkan kadar insulin yang mengarah pada penyimpanan lemak di daerah perut. Jadi, walaupun pola makan benar, tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Baca Juga:  Bersama PDIP dan SAI, Pendaftar Operasi Mata Katarak Gratis Tembus 348 Orang
Ikuti Berita Terbaru Dari PortalMadura.com di  Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.