oleh

Berbekal Surat Keterangan Sehat, Cakades Lumpuh Bisa Maju di Pilkades 2014

PortalMadura.Com, Sumenep – Lolosnya Rasyidi (33), warga Desa Poteran, Kecamatan/pulau Raas, Sumenep, Madura, Jawa Timur sebagai kandidat calon kepala desa (cakades) pada pemilihan kepala desa (Pilkades) di desa Poteran, di pertanyakan oleh warga.

Pasalnya, cakades yang akan bersaing dengan dua kandidat lainnya, menderita lumpuh pada kedua kakinya dan tidak bisa berjalan kemana-mana, tanpa dibantu orang lain maupun anggota keluarganya.

“Ini sangat aneh, kok bisa orang yang nyata tubuhnya lumpuh lolos verifikasi sebagai kandidat cakades, padahal persayaratan menjadi cakades harus berbadan sehat, yang dibuktikan dengan keterangan sehat dari rumah sakit,” kata Mahmudi (30), warga Desa Poteran, Kecamatan/pulau Raas, Sumenep, Jumat (24/10/2014).

Dengan lolosnya salah satu cakades lumpuh itu, dikuatirkan masyarakat akan menjadi tumbal, bila ia terpilih menjadi kepala desa lantaran kinerjanya tidak bisa maksimal dalam menjalankan roda pemeritahan di tingkat desa.

Tugas pemerintahan di tingkat desa akan banyak terbengkalai, karena kepala desanya tidak bisa leluasa bergerak, menangani setiap permasalahan yang ada di bawah.

“Kalau kepala desanya lumpuh, sudah pasti banyak tugas-tugasnya yang terbengkalai, karena dia mau bergerak kemanapun tidak akan gesit sebagaimana orang normal, padahal sebagai kepala desa harus bergerak cepat dalam menangani setiap permasalahan yang terjadi,” bebernya.

Sementara Misnari Arif, Ketua panitia Pilkades Desa Poteran, mengaku tidak berdaya untuk menolak apalagi tidak meloloskan yang bersangkutan sebagai kandidat cakades. Hal itu dikarenakan yang bersangkutan memegang surat keterangan sehat dari rumah sakit daerah (RSD), Dr. Moh. Anwar Sumenep, sebagai salah satu pelengkap persyaratan.

“Untuk menolak, apalagi tidak meloloskan salah satu cakades yang persayaratan administrasinya sudah lengkap saya kira tidak etis, meskipun yang bersangkutan secara kasat mata memang tidak sehat karena kedua kakinya lumpuh, tapi mau bagaimana lagi kalau sudah ada keterangan sehat dari rumah sakit,” kata Misnari Arif, ketua panitia Pilkades Desa Poteran.

Dikatakan, kandidat yang satu ini memang tergolong sangat antusias maju sebagai kandidat cakades di desanya,  berdasarkan catatan panitia pilkades, Rasyidi sudah dua kali masuk  bursa cakades pada pilkades di Desa Poteran. Dari dua kali ia mencalonkan diri sebagai kandidat cakades, dua kali pula ia menggunakan surat keterangan sehat dari rumah sakit Sumenep.

Padahal yang bersangkutan sudah jelas kakinya lumpuh dan tidak bisa bergerak dengan bebas jika tidak di bantu orang lain. Namun oleh rumah sakit, yang bersangkutan tetap diberi surat keterangan sehat sebagai persyaratan maju sebagai cakades di Desa Poteran, Raas, sebagaiman diatur dalam peraturan Bupati (Perbup) No. 31 tahun 2014.

“Dari tiga kandidat, yakni  As’ad Riady, Sarmade dan Rasyidi, berkas adminidrasainya sudah lengkap semua, tinggal pelaksanaanya saja,” pungkasnya.(dien/htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE