Berikut 5 Jenis Kanker Bisa Menular Melalui Seks

Avatar of PortalMadura.com
Berikut 5 Jenis Kanker Bisa Menular Melalui Seks
Ilustrasi (liputan6.com)

PortalMadura.Com – Kanker terjadi karena adanya mutasi sel-sel kanker yang dipicu oleh beragam pola hidup tak sehat atau faktor keturunan. Namun, kanker ternyata juga bisa menyebar lewat hubungan seksual.

Penyebaran sel kanker ini disebabkan oleh penularan HPV atau Human Papillomavirus saat berhubungan seksual dan meningkatkan risiko munculnya beberapa jenis kanker yang berbahaya dan mematikan.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Selasa (5/1/202), berikut daftar kanker yang dapat menular melalui hubungan seksual:

Kanker Penis

Meskipun tidak seterkenal kanker prostat, kasus kanker penis cukup banyak terjadi. Tanda-tanda kanker penis antara lain adalah luka, kemerahan, iritasi, perdarahan atau benjolan pada penis. Umumnya, kanker penis diobati dengan cara pembedahan untuk sel-sel kanker atau dengan radiasi.

Kanker Serviks

Kanker serviks menjadi kanker nomor satu penyebab kematian perempuan. Cara penularan virus HPV yang paling umum di kalangan perempuan adalah melalui aktivitas seksual dengan pasangan yang terinfeksi, meski tidak menutup kemungkinan virus tertular dari toilet atau peralatan pribadi.

Infeksi HPV juga meningkatkan risiko kanker vagina. Meskipun ada beberapa dugaan yang menyebutkan bahwa ada beberapa cara penularan virus HPV, namun sampai saat ini, satu-satunya cara penularan yang telah terbukti adalah karena kontak seksual. Tanda-tanda awal kanker vagina antara lain adalah perdarahan dan pertumbuhan jaringan yang tidak normal dari vagina.

Biasanya tanda-tanda awal kanker mulut meliputi pertumbuhan jaringan yang abnormal di tempat kanker berada. Operasi, terapi radiasi dan kemoterapi adalah pilihan pengobatan yang paling umum untuk berbagai jenis kanker termasuk untuk kanker mulut. Sedangkan HPV adalah penyebab utama kanker tenggorokan.

Sebagian besar kasus kanker sel skuamosa anal, bentuk kanker anal yang paling umum, terkait dengan infeksi HPV. Tanda-tanda kanker anus antara lain adalah perdarahan di anus, benjolan di dekat anus dan perubahan gerakan usus besar.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.