oleh

Berikut Dampak yang Akan Timbul Jika Tubuh Kekurangan Karbohidrat

PortalMadura.Com – Pada umumnya tubuh membutuhkan karbohidrat sebanyak 350 hingga 390 per hari bagi laki-laki, sedangkan perempuan sebanyak 300-320 per hari. Jika membatasi mengkonsumsi makanan mengandung karbohidrat per hari dapat membuat tubuh Mama kekurangan asupan karbo.

Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi dan sumber energi pada tubuh. Namun, banyak orang yang melakukan pengurangan asupan karbohidrat untuk mengurangi berat badan.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Rabu (13/1/2021), berikut dampak yang akan timbul ketika tubuh kekurangan karbohidrat:

Tubuh Kekurangan Nutrisi

Karbohidrat akan memberikan asupan nutrisi pada tubuh. Kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan nutrisi yang didapatkan oleh tubuh juga akan berkurang.

Mudah Lelah

Salah satu peran karbohidrat adalah memberikan energi pada tubuh. Kurangnya karbohidrat di dalam tubuh akan mengakibatkan kurang energi dan badan merasa lelah.

Tubuh Menjadi Kekurangan Serat

Kekurangan serat tidak bagus untuk kesehatan tubuh karena akan meningkatkan risiko terganggunya saluran pencernaan yang mengakibatkan sulitnya buang air besar.

Memicu Bau Mulut

Saat tubuh tidak mendapatkan energi dari karbohidrat, maka mencari sumber lain yaitu lemak. Tubuh akan membakar cadangan lemak dan protein sebagai energi yang disebut dengan ketosis. Ketosis akan membuat mulut menjadi mengeluarkan bau kurang sedap.

Mengalami Dehidrasi

Kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Rasa haus dalam tubuh disebabkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi protein dan lemak. Oleh karena itu, tubuh akan lebih mudah haus dan ingin minum lebih banyak dari biasanya.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar