IPTEK  

Berkat Ikan Kakaktua, Pasir Pantai Jadi Putih

Avatar of PortalMadura.Com
Berkat Ikan Kakaktua, Pasir Pantai Jadi Putih
Ikan

PortalMadura.Com – Dalam sebuah video yang diunggah ke YouTube Gross Science, para ilmuwan menyebutkan bahwa ikan parrotfish (ikan kakaktua) adalah paling berjasa dalam menciptakan lingkungan pantai berpasir putih.

Saat mencari makan berupa ganggang di batu-batu karang, sering kali ketika memakan ganggang, ikan kakaktua juga menelan pecahan batu karang. Didalam lehernya, ikan kakaktua mempunyai gigi pharyngeal yang bertugas untuk menyaring pecahan karang yang ikut masuk ke dalam saluran pencernaan.

Pecahan karang yang disaring ini, kemudian langsung dibuang melalui saluran pembuangan ikan dan saat menuju saluran pembuangan ini serpihan karang itu terpapar enzim yang mengubah warna batuan itu menjadi putih.

Ikan kakaktua sendiri adalah salah satu spesies berukuran besar di lautan. Dalam sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Marine Biology pada 2010, diketahui bahwa seekor ikan kakatua Hawaii bisa menghasilkan 381 kilogram serpihan karang putih per tahun. Sementara seekor ikan kakaktua raksasa, bisa menghasilkan 4.900 kg serpihan pasir putih per tahun.(suara.com/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.