Bersusulan Gempa Guncang Indonesia, Puluhan Rumah Hancur

Avatar of PortalMadura.Com
Bersusulan Gempa Guncang Indonesia, Puluhan Rumah Hancur
facebook

PortalMadura.Com, Jakarta bersusulan dan berpotensi tsunami mengguncang Jawa Barat, Indonesia pada Jumat (15/12/2017) malam.

Berdasarkan catatan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi pertama terjadi pukul 23.04, dengan kekuatan 4,5 skala richter. Pusat gempa berada di koordinat 7.29 LS dan 106.69 BT kedalaman 50 kilometer, 48 kilometer sebelah barat daya Sukabumi, Jawa Barat.

Dari kedalaman hiposenternya, gempa terjadi akibat aktivitas subduksi dangkal lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia,” ujar Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Tangerang Selatan Joko Siswanto dalam siaran pers pada Jumat malam.

Tak lama setelah itu, gempa bumi dengan kekuatan 7,3 skala richter menyusul mengguncang Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Jumat pukul 23.47 WIB.

Berdasarkan informasi, pusat gempa berada di laut kedalaman 105 kilometer, berjarak 43 kilometer sebelah barat daya Tasikmalaya.

BMKG menyebutkan gempa tersebut berpotensi tsunami.

Beberapa detik kemudian gempa susulan kembali mengguncang Tasikmalaya, tak jauh dari lokasi gempa pertama.

Pusat gempa kedua berada di darat, kedalaman 107 kilometer, berjarak 11 kilometer sebelah barat daya Tasikmalaya.

Kini, peringatan dini tersebut telah dicabut. “Peringatan dini #Tsunami yang disebabkan oleh #Gempa Mag:6.9 SR, Tanggal: 15-Dec-17 23:47:58 WIB, dinyatakan telah berakhir #BMKG,” tulis akun Twitter BMKG.(AA/Har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.