oleh

BI Prediksi Inflasi Ramadan Ini Terendah dalam Tiga Tahun Terakhir

PortalMadura.Com, Jakarta – Bank Indonesia memperkirakan inflasi pada bulan Ramadan Tahun ini lebih rendah dibanding rata-rata inflasi dalam tiga Tahun terakhir.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan inflasi Mei atau Ramadan Tahun ini berdasarkan survei pemantauan harga hingga minggu keempat sebesar 0,47 persen month to month atau 3,1 persen year on year.

“Sementara rata-rata inflasi Ramadan dalam tiga Tahun terakhir sebesar 0,68 persen,” ungkap Perry, di Jakarta, Jumat kemarin (24/5/2019).
Menurut dia, perkiraan inflasi minggu keempat ini juga lebih rendah dari perkiraan inflasi minggu ketiga yang sebesar 0,51 persen month to month.

Loading...

“Beberapa komoditas mengalami penurunan harga seperti beras, tomat sayur, bawang merah, dan juga tarif angkutan udara yang mulai turun,” jelas Perry.

Dia menambahkan andil inflasi tarif angkutan udara terhadap inflasi bulan Mei pada minggu keempat ini sebesar -,0,01 persen.

“Pada minggu ketiga lalu tarifnya masih cenderung naik tapi kini sudah mulai turun merespon ketentuan Pemerintah terkait penurunan tarif batas atas angkutan udara,” urai Perry. dilaporkan Anadolu Agency, Minggu (26/5/2019).

Perry menambahkan beberapa komoditas juga masih mengalami kenaikan harga pada minggu keempat Mei antara lain cabai merah, bawang putih, daging ayam, dan telur ayam.


Anadolu Agency
Sumber : Anadolu Agency
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar