Biker, Kenali Pentingnya Pijakan Kaki di Motor

Avatar of PortalMadura.com
Biker, Kenali Pentingnya Pijakan Kaki di Motor
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pijakan kaki atau pada sepeda motor seringkali diabaikan oleh pengendara saat kondisinya sudah rusak atau aus. Komponen ini jika dilihat dari kegunaannya memang terlihat sepele hanya sebagai dudukan telapak kaki.

Akan tetapi, bila Anda memerhatikan keberadaan pijakan kaki yang sebenarnya tidak cuma berfungsi sebagai dudukan telapak kaki, namun juga sebagai fitur kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, bahkan sangat penting untuk membantu biker menjaga keseimbangan saat bermotor.

Sebagaimana menurut Yosi yang buka bengkel Bangbrand di Pondok Timur Indah, Bekasi Timur, Jawa Barat, bahwa yang sudah aus membuat performa motor kurang optimal. Hal terburuk bisa mengancam keselamatan perjalanan pengendara.

“Jangan lupakan hal-hal seperti ini, ketika hujan datang tidak hanya membuat kondisi jalan jadi licin, namun pijakan kaki yang sudah aus atau tak layak pakai berpotensi membuat kaki terpeleset saat pengereman atau berpindah kopling,” terangnya.

Sayangnya, tidak sedikit biker yang baru mengganti pijakan kaki pada motornya apabila memang benar-benar sudah rusak parah atau patah, dan menggantinya dengan barang yang seadanya tidak sesuai standar keselamatan bawaan aslinya, atau barang aftermarket.

Memang tidak ada salahnya mengganti pijakan motor menggunakan komponen aftermarket. Akan tetapi perlu Anda ketahui, pilihlah yang sesuai dengan standar keamanan, jangan membeli hanya karena bentuknya lebih bagus. Hal itu bahkan mengancam keselamatan saat berkendara di jalan raya.

“Boleh saja ganti footstep aftermarket, tapi pilih yang aman dan nyaman ketika digunakan dan sesuai fungsinya” ujarnya.

Lebih lanjut Yosi menyarankan, agar biker menggunakan pijakan kaki yang berbahan karet agar tidak licin ketika terkena air dan utamakan gunakan buatan pabrikan resmi. Pilih yang mempunyai bidang alas untuk pijakan kaki yang sedikit lebar. Kemudian hindari penggunaan alas untuk pijakan kaki yang berbahan besi, untuk menghindari benturan terhadap kaki jika berkendara. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.