Bikin Merinding, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Kulit yang Belum Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Bikin Merinding, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Kulit yang Belum Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada dasarnya kulit memegang peranan penting dalam tubuh manusia. Sebab, organ paling besar di tubuh setiap orang adalah kulit.

Walaupun keberadaannya bisa dilihat secara kasat mata, tapi ternyata bagian tubuh terluar ini menyimpan fakta menarik yang mungkin tidak Anda duga sebelumnya.

Berikut berbagai yang belum Anda ketahui:

Berat Kulit dalam Satu Tubuh Manusia Mencapai 3,6 kg
Rata-rata kulit manusia dewasa memiliki luas permukaan kulit hingga 2 meter persegi dengan berat mencapai 3,6 kg. Menjadi organ terbesar dalam tubuh manusia, penting menjaga kulit agar tetap sehat luar dalam.

Dua hal penting yang harus dilakukan dalam menjaga kulit menurut dr. Nurdalilah, SpKK yaitu proses pembersihan dan perlindungan kulit dari sinar matahari.

Kulit Menghasilkan 30.000 Sel Kulit Mati Setiap Menitnya
Tidak terbayangkan ada berapa banyak sel kulit mati yang ada di kulit Anda. Setiap menitnya, ada 30.000 sel kulit mati yang muncul dan menyebar di seluruh tubuh. Tapi, dr. Nurdalilah, SpKK menyebutkan keberadaan sel kulit mati tersebut akan luruh sendirinya jika Anda menghidrasi kulit dengan baik. Sebagian sel kulit mati memiliki fungsi proteksi untuk tubuh.

Kulit Sehat Berganti Sel Baru Setiap 28 Hari
Sel kulit mati akan tergantikan sel kulit baru dalam 28 hari. Namun, optimasinya pada setiap orang akan berbeda. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan beregenerasi dengan lebih optimal dibandingkan kulit yang dehidrasi.

Untuk membantu proses ini, dr. Nurdalilah, SpKK menyarankan untuk melakukan eksfoliasi cukup satu minggu sekali saja dengan scrubbing atau masker.

95% Penyebab Penuaan Dini adalah Sinar UV
Paparan sinar matahari yang berlebihan jadi faktor utama penuaan dini pada kulit. Sinar UV akan mempengaruhi fungsi melanin yang menyebabkan warna kulit yang lebih cokelat bahkan menimbulkan bercak-bercak penuaan.

“Pemakaian suncreen sangat penting untuk proteksi kulit, pilih SPF sesuai aktifitasmu sehari-hari. Misalnya kalau aktifitas indoor, SPF 30 sudah cukup tapi kalau outdoor harus lebih dari itu,” ungkap dr. Nurdalilah SpKK.

Kulit Berminyak Memiliki 400 Juta Sel-sel Mati
Kulit berminyak memiliki lebih banyak sel mati dibandingkan kulit normal. Kulit bermasalah karena berminyak, seperti berjerawat diperbolehkan untuk melakukan eksfoliasi lebih sering dibanding kulit normal.

Tapi, tidak perlu berlebihan dan agresif. Jangan sering-sering menggunakan scrub karena bisa membuat iritasi. Proses eksfoliasi bisa dibantu oleh obat tertentu yang biasanya terkandung dalam krim malam. Butiran krim malam yang lembut lebih aman untuk kulit. (detik.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.