Bila Si Kecil Suka Berteriak, Ikutilah Cara Ini Untuk Mengatasinya!

Avatar of PortalMadura.Com
Bila Si Kecil Suka Berteriak, Ikutilah Cara Ini Untuk Mengatasinya!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bunda, mungkin Anda pernah mengalami saat dimana si kecil senang berteriak-teriak di tengah-tengah keramaian orang. Misalnya, saat jalan-jalan di mall atau saat Anda menghadiri pesta keluarga, sehingga membuat Anda merasa malu.

Jangan khawatir bunda, berikut di bawah ini cara mengatasi si kecil yang suka berteriak di tempat umum. Apa saja? Yuk simak!

1. Jangan menghardik untuk segera diam. Tetaplah bicara dengan nada lembut sewaktu memberi pengertian pada anak dan lakukan kontak mata dengan anak. Misalnya dengan mengatakan “Kalau Adek tidak teriak, Ibu juga bisa dengar kok. Justru kalau Adek teriak, Ibu tidak mengerti maksud dan keinginan Adek.”

2. Hindari bicara keras terhadap anak. Hal ini justru akan memberi contoh kepada anak untuk berbicara keras.

3. Mintalah anak untuk memperbaiki cara bicaranya lebih dulu bila perkataannya mau didengar. Ajarkan dan contohkan bagaimana cara menyampaikan keinginan dengan cara yang lebih baik dan suara yang lebih rendah. Misalnya dengan mengatakan “Nah sekarang, coba Adek katakan pelan-pelan, Adek mau apa?” Hal ini dimaksudkan agar anak dapat mengerti bahwa berteriak itu tidak bermanfaat karena membuatnya tidak mendapatkan perhatian atau sesuatu yang diinginkannya.

4. Bersikaplah tenang dan optimis bahwa fase berteriak ini pasti akan dapat berlalu sejalan dengan pertambahan usia dan kematangan komunikasi anak serta bimbingan yang telah Anda lakukan. Hal ini diperlukan agar orangtua dapat bersikap semangat untuk terus memperlakukan anak secara bijaksana, sabar dan telaten.

5. Berikan aktivitas lain yang dapat mengalihkan keinginan anak untuk berteriak-teriak. Misalnya dengan mengajaknya bernyanyi mengikuti irama lagu, bermain bisik-bisikan /nada suara rendah, bermain dengan membaca gerak bibir & mimik wajah, menirukan bunyi binatang, dsb.

6. Berikan umpan balik positif dengan segera, apabila anak bisa berbicara tanpa berteriak. Misalnya dengan memberikan pujian atau ucapan terimakasih karena sudah membuat anda tidak merasa bising/terganggu.

Mungkin ia tak langsung menuruti permintaan Anda, tapi bersabarlah. Pelan-pelan, ia akan belajar di mana sebaiknya memperdengarkan suara lantangnya. (okezone.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.