PortalMadura.com

Bingung Ganti Ban Serep Mobil? Begini Cara yang Baik dan Benar

  • Jumat, 4 Agustus 2017 | 15:00
Bingung Ganti Ban Serep Mobil? Begini Cara yang Baik dan Benar
Loading...

PortalMadura.Com – Bagi pengguna kendaraan roda empat, selain mengetahui cara yang baik dan benar dalam mengendara Anda juga perlu mempelajari cara membongkar dan memasang ban yang benar dan aman.

Sebab, terkadang saat perjalanan ada saja halangan yang mengganggu, salah satunya ban bocor. Jadi, untuk menjaga kemungkinan hal itu terjadi alangkah baiknya Anda belajar cara membongkar ban.

Akan tetapi, sampai saat ini masih banyak orang yang kebingungan mengatasinya. Padahal, hal itu merupakan pengetahuan dasar yang harus dimiliki pengguna kendaraan roda empat.

Sebenarnya, membongkar dan memasang ban mobil mudah dilakukan. Menurut Instruktur Technical Service Training PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Ichsan Adi Permana, langkah pertama yang harus dilakukan yakni pastikan mobil terparkir di tempat yang aman.

Baca Juga:  All New Honda CBR150R 2016, Motor 150 CC Andalan Honda Tahun ini

Setelah itu mulai lah menyiapkan peralatan untuk membongkar dan mengganti ban mobil. Pastikan pula ban serep atau cadangan masih dalam kondisi yang bagus, baik fisik dan tekanan udaranya sehingga aman digunakan.

“Selanjutnya adalah melepas ban yang bermasalah. Kendorkan baut roda ban yang bermasalah dengan menggunakan kunci roda, putar berlawanan arah secukupnya hingga kendor sedikit,” kata Ichsan.

Setelah baut roda kendur, mulai dongkrak kendaraan dengan menggunakan dongkrak yang tersedia pada sisi di mana ban itu bermasalah, posisi meletakan dongkrak berbeda-beda tergantung tipe mobil.

Usahakan diletakan di tempat yang memang keras seperti di pangkal rocker panel atau di housing gardan, posisi peletakan dongkrak bisa ditemukan pada buku panduan pemilik mobil.

Baca Juga:  Ingin Tahu Kampas Rem Anda Sudah Tipis atau Tidak? Begini Cara Deteksinya

“Setelah kendaraan terangkat sedikit, pastikan posisi dongkrak sudah aman, kemudian lanjutkan melepas ban dengan melepas mur roda satu persatu,” ujarnya.

Lalu pasang roda cadangan, dan pasang pula mur roda hingga dikencangkan dengan tangan merata. Turunkan kendaraan, kemudian kencangkan setiap mur dengan kuat dengan urutan menyilang, waktu pengencangan roda sekitar 10.5 kgf.m.

“Usahakan jangan menggunakan peralatan selain tangan Anda, seperti pipa atau palu, karena bisa merusak baut roda,” kata dia. (viva.co.id/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional