BINUS University Luncurkan Wisata Digital Nusameta Borobudur

Avatar of hartono
BINUS University Luncurkan Wisata Digital Nusameta Borobudur
Potret para peserta mencoba metaverse (Sumber : BINUS Media & Publishing)

PortalMadura.Com – BINUS University bersama School of Information Systems menghadirkan inovasi terbaru di sektor pendidikan dan pariwisata. Mari kita telusuri lebih jauh tentang inovasi ini (Jakarta, 3 April 2024).

Di era ke-21, fenomena Metaverse yang terus berkembang telah menjadi pusat perhatian global. Melalui kerjasama dengan Nusameta, BINUS University memperkenalkan Nusa Borobudur sebagai wadah Metaverse yang inklusif di Indonesia. ini tidak hanya bertujuan untuk menyediakan pengalaman virtual yang mendalam dan informatif, tetapi juga menunjukkan dedikasi BINUS dalam menggunakan teknologi untuk meningkatkan sektor pendidikan dan pariwisata menjadi lebih inovatif.

Nusa Borobudur, yang merupakan kolaborasi antara BINUS University dan Nusameta, menawarkan pengalaman virtual yang tidak hanya mendalam tetapi juga edukatif. Inisiatif ini adalah bukti komitmen BINUS University untuk memasuki era digital dan mengemban misi membawa pendidikan dan pariwisata ke depan dengan inovasi teknologi.

Dalam acara TECH DAY, pada talkshow bertema “The Future of Metaverse: How to Feel Immersive Learning and Become Creator Economy”, dibahas tentang bagaimana Nusameta bisa menjadi platform ideal untuk pembelajaran yang imersif. Peserta diberikan kesempatan untuk memahami cara Nusameta merombak metode pembelajaran dan interaksi dengan materi pendidikan. Diskusi ini berfokus pada kemampuan Nusameta untuk menyediakan pembelajaran yang lebih interaktif dan mendalam, dengan contoh aplikasi Metaverse dalam pendidikan seperti simulasi, tur virtual, dan pembelajaran melalui permainan. Talkshow ini juga akan membahas tentang ekonomi kreator dalam Metaverse, di mana peserta akan diajarkan cara menjadi pembuat konten digital yang berhasil dan memonetisasi kreativitas mereka di platform Nusameta.

“Dengan langkah kita memanfaatkan teknologi dan kreatifitas yang berbasis lokal, Nusameta dapat menciptakan pengalaman belajar yang bisa membantu imajinasi masuk ke dalam budaya dan tradisi dengan gaya mereka sendiri. Ini membuka pintu untuk memperdalam pemahaman tentang warisan budaya dan nilai-nilai tradisional dengan kearifan lokalnya”, ujar Budianto, selaku Chief Product and Development Officer of Nusameta. Selain itu, Prof Meyliana selaku Guru Besar Sistem Informasi BINUS University menekankan bahwa keberadaan metaverse yang sedang naik turun, tidak terlalu berpengaruh dalam fungsinya sebagai media pembelajaran karena pengalaman belajar yang imersif dan kaya dengan pengalaman akan jauh lebih menarik bagi para siswa dibandingkan dengan belajar secara tradisional.

BINUS University Luncurkan Wisata Digital Nusameta Borobudur
Dokumentasi Nusameta Borobudur (Sumber : BINUS Media & Publishing)

BINUS University melalui School of Information Systems juga berhasil menciptakan gebrakan baru dalam dunia pendidikan dan pariwisata dengan menghadirkan sebuah pengalaman unik menggunakan teknologi metaverse yang akan ditampilkan di Kampus Anggrek, BINUS Kemanggisan dalam Showcasing Nusa Borobudur within The Early Testing of Nusameta Appliction di acara Tech Day pada 3 April 2024. School of Information Systems BINUS University menghadirkan Nusa Borobudur yang menjadi sebuah inovasi untuk meningkatkan kepuasan wisatawan, memberikan pengalaman imersif, serta meningkatkan pemahaman tentang sejarah dan budaya lokal selama berwisata.

“Saya melihat Nusa Borobudur di Nusameta dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan dan memperkuat keberagaman budaya Indonesia kepada siswa di seluruh negeri. Ini dapat memperdalam pemahaman mereka tentang nilai-nilai budaya yang kaya dan merangsang minat dalam melestarikan dan mempromosikan keberagaman budaya Indonesia”, ujar Syaifullah, Direktur Manajemen Industri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

BINUS University Luncurkan Wisata Digital Nusameta Borobudur
Dokumentasi Talkshow Nusameta Borobudur (Sumber : BINUS Media & Publishing)

Selain itu, Prof. Meyliana juga menyatakan bahwa “Nusa Borobudur adalah bukti nyata kontribusi BINUS University sebagai kampus pertama yang hadir di platform metaverse Nusameta. Sekali kita menyatakan memiliki komitmen dalam pengembangan metaverse maka kita terus fokus untuk mengembangkan berbagai use case metaverse yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dan selain Nusa Borobudur, akan segera dilaunching karya metaverse lainnya”.

BINUS University Luncurkan Wisata Digital Nusameta Borobudur
Dokumentasi Talkshow Nusameta Borobudur (Sumber : BINUS Media & Publishing)

Proyek Nusa Borobudur ini merupakan hasil karya dari BINUSIAN, yaitu Ibu Siti Elda Hierera, seorang dosen di School of Information Systems yang juga sedang menempuh studi S3 di BINUS University. Kolaborasi antara akademisi dan ini menciptakan sebuah inovasi yang tidak hanya memiliki nilai akademis, tetapi juga dampak praktis yang signifikan dalam meningkatkan pengalaman pariwisata digital di Indonesia. “Sebenarnya Nusa Borobudur ini adalah penelitian saya yang dilakukan dalam program disertasi mahasiswa S3 Doctor of Computer Science (DCS) BINUS University yang dipromotori oleh Promotor Prof. Dr. Ir. Meyliana, S.Kom., MM, IPU, SDMS, CBDMP, CME, Ko-Promotor 1 Dr. Arief Ramadhan dan Ko-Promotor 2 Dr. Fredy Purnomo. Judul disertasi yang dilakukan oleh saya adalah Model Destinasi Wisata Cerdas Berkelanjutan berbasis Metaverse (Metaverse-based Sustainable Smart Tourism Destinations). Penelitian ini berfokus pada bagaimana meningkatkan pengalaman berwisata dengan menggunakan teknologi Metaverse. Penelitian ini menggandeng industri langsung yaitu Nusameta.”, Ujar Ibu Siti Elda Hierera, selaku Dosen School of Information System BINUS University.

Dengan Nusameta Borobudur, diharapkan mahasiswa dapat mendapatkan pengalaman pembelajaran yang lebih dalam dan interaktif, serta akses pendidikan berkualitas bagi semua lapisan masyarakat di Indonesia. Melalui ruang virtual dalam Metaverse, mahasiswa dapat menghadapi situasi mirip kehidupan nyata, memahami konsep kompleks, dan mempraktikkan keterampilan dalam lingkungan yang aman. Kerjasama antara dosen dan mahasiswa dalam menciptakan konten Nusameta juga memberikan peluang bagi mahasiswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran dan pengembangan teknologi. Nusameta diharapkan membantu mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk masa depan yang penuh tantangan dan berdaya saing di dunia kerja yang semakin terdigitalisasi.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan BINUSIAN akan pembelajaran berbasis teknologi , BINUS Kemanggisan sebagai Digital Technology Campus menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam belajar. Hal ini bisa dilihat dengan tersedianya fasilitas Lab User Experience (UX), Lab Digital Industry, Lab AR/VR, Lab Building Information Modelling (BIM), Lab Game Application & Technology, Lab Macintosh, Lab Furniture, Lab Bahasa, Lab Civil Engineering, Lab Computer Engineering dan berbagai macam Laboratorium lainnya yang dilengkapi dengan peralatan digital serta pendukungnya yang ada di BINUS Kemanggisan.

BINUS University Luncurkan Wisata Digital Nusameta Borobudur
Potret seorang laki-laki sedang bermain gadget (Sumber : BINUS Media & Publishing)

About BINUS Media & Publishing
Tentang BINUS UNIVERSITY

BINUS UNIVERSITY merupakan Perguruan Tinggi Indonesia berkualitas global yang telah terakreditasi Unggul dari BAN-PT dan mendapat pengakuan dari lembaga pemeringkatan dunia seperti QS (Quacquarelli Symmonds) dan Times Higher Educations. Dengan pengalaman selama 42 tahun membina Nusantara melalui pendidikan, BINUS UNIVERSITY memiliki visi utama, yakni sebagai “A World-class university, fostering and empowering the society in building and serving the nation.”

BINUS UNIVERSITY memiliki 12 kampus yang tersebar di beberapa kota di Indonesia yang terdiri dari 6 kampus di Jakarta, 2 kampus di Tangerang, 1 kampus di Bekasi, 1 kampus di Bandung, 1 kampus di Malang, dan 1 Kampus di Semarang. Selain itu BINUS juga memiliki Online Campus yang menyediakan layanan pendidikan jarak jauh.

BINUS UNIVERSITY berkomitmen 2 dari 3 lulusan BINUS UNIVERSITY bekerja di perusahaan global atau menjadi entrepreneur. Tidak hanya membekali mahasiswa dengan pengalaman belajar di kampus, mahasiswa juga diberikan pengalaman langsung di dunia industri. Komitmen ini diwujudkan melalui Program (2+1)+1.

Program (2+1)+1 ditujukan bagi mahasiswa yang ingin merasakan pengalaman belajar multi-kampus dengan konsep belajar selama tahun di kampus asal, 1 tahun di kampus BINUS di kota lain; serta 1 tahun mengambil 1 dari 7 track Enrichment yang disediakan, yaitu: Internship, Community Development, Research, Start-Up Business, atau Study Abroad (kuliah di luar negeri), serta Further Study untuk beberapa program studi tertentu, serta specific independent study.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.