Layangan LED Cantik dan Unik Hiasi Langit Pantai Lombang Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com, – Puluhan (Light Emitting Diode) dengan beragam bentuk dan ukuran menghiasi langit wisata , Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin malam (15/4/2024).

Ada layang-layang LED berbentuk ular naga sepanjang 80 meter, motif kuda terbang, kupu-kupu, kereta kencana, berbentuk burung elang, motif capung, dan layangan segi tiga seperti pada umumnya di daerah setempat.

Layang-layang yang mengudara itu milik warga dan utusan para organisasi perangkat daerah setempat yang berpartisipasi dalam kegiatan . Kegiatan tersebut dibuka Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah dan hadir para pimpinan Forkopimda Sumenep.

Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah menyampaikan, Festival Layangan LED 2024 merupakan wujud ikhtiar pemerintah daerah bersama masyarakat yang dilakukan setiap tahun untuk mempertahankan tradisi sekaligus mengenalkan wisata Pantai Lombang pada masyarakat luas.

“Mudah-mudahan kedepannya Sumenep semakin dikenal bukan hanya oleh warga lokal, melainkan secara nasional bahkan ke mencanegara. Pesertanya (festival layangan LED, red) semoga semakin bertambah di tahun-tahun mendatang,” kata Dewi Khalifah dalam sambutan pembukaan Festival Layangan LED 2024 di Pantai Lombang.

Sementara, Camat Batang-Batang, Sumenep Mujib selaku panitia menyebutkan, peserta Festival Layangan LED 2024 diikuti oleh 54 peserta, baik peserta umum maupun utusan dari OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Adapun kreteria penilaian pada festival layangan LED meliputi, originalitas, kelayakan terbang dan kreativitas. Pihak panitia akan memilih tiga juara dengan hadiah tropi dan uang pembinaan bagi masing-masing pemenang.

“Juara 1, tropi dan uang pembinaan sebesar Rp1 juta. Juara 2, tropi dan uang pembinaan sebesar Rp750 ribu dan juara 3 berupa tropi dan uang senilai Rp500 ribu,” urai Mujib.

Esok harinya, 16 April, dilanjutkan dengan lomba merangkai ketupat yang akan diikuti utusan OPD dan kecamatan serta pembukaan festival ketupat lebaran 1445 H.

Dijadwalkan Bupati Sumenep Achmad Fauzi akan mendatangi acara itu dengan mengendarai kereta kencana diiringi rombongan prosesi panglima berkuda serta penari dan grup saronen.

Bupati juga dijadwalkan membuka festival ketupat serta prosesi pesta ketupat yang ditandai dengan rebutan gunungan ketupat oleh bupati dan tamu VIP.

Hiburan lainnya ada musik tongtong dan akan dipungkasi dengan penyerahan hadiah pemenang Festival Layangan LED 2024.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.