oleh

Bisa dicoba, 3 tips Yang Harus Anda Lakukan Ketika Telat Gajian

PortalMadura.com – Hari gajian merupakan hari yang ditunggu-tunggu bagi para karyawan perusahaan. Lalu apa jadinya kalau ternyata jika tiba-tiba gaji Anda tidak juga cair di hari itu, Tentu Anda akan merasa kesal dan gusar ‘kan? Namun amarah tak akan menyelesaikan masalah. Yang harus Anda pikirkan jika hal itu terjadi adalah tentang bagaimana menghadapinya. Memang menyebalkan sih, tapi gimana lagi, namanya juga karyawan perusahaan, tentu harus bisa memaklumi.

Sebagai karyawan yang baik, Anda harus paham bahwa gaji yang terlambat dibayarkan ini merupakan salah satu isyarat paling jelas bahwa perusahaan sedang berada di kondisi yang tidak baik atau bahkan situasi yang sulit, apalagi dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Dilansir dari Glints.com, Rabu (28/7/2021) ketika perusahaan terlambat membayarkan gaji, berikut 3 tips yang bisa dilakukan oleh karyawan :

Tanyakan Langsung

Anda tentu ingat dengan pepatah populer yang berbunyi “malu bertanya, sesat dijalan” mungkin ada benarnya dalam kasus ini. Sebelum melakukan hal yang lebih serius, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu kepada atasan alasan kenapa gaji Anda belum juga dibayar.

Jalan ini akan membantu Anda untuk mendapatkan kejelasan atas keterlambatan gajian yang Anda alami. Bisa jadi karena atasan lupa, atau kondusi keuangan kantor memang sedang tidak baik.

Lakukan Perundingan atau Diskusi

Apabila penundaan gaji sudah terlampau lama memakan waktu, Mungkin ini sudah saatnya kamu mengusulkan adanya perudingan atau diskusi mengenai telat gajian ini. Daripada Anda menyimpan kekesalan dan kemarahan dibelakang atasan, lebih baik Anda menyalurkannya dengan baik melalui diskusi.

Jalan ini juga bisa menjadi alternatif untuk mencari solusi dengan menawarkan bantuan untuk segala strategi agar keuangan perusahaan kembali membaik dan gaji dapat cair dengan semestinya. Ingat, jangan libatkan emosi saat diskusi ya!

Mengundurkan Diri

Kamu lelah dengan sistem gajian kantormu yang selalu telat? Mungkin ini salah satu pertanda kamu harus mengundurkan diri. Jika diamati telat gajian ternyata akan berpengaruh terhadap pengaturan keuangan untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Lebih-lebih dapat menimbulkan tekanan bahkan stress.

Pertimbangkan untuk mengundurkan diri jika Anda sudah tidak tahan dengan cara kantor Anda menggaji karyawan, apalagi jika tidak ada alasan penundaan gaji yang jelas. Namun Anda harus tetap bersikap profesional hingga hari terakhir kerja sehingga nama baikmu pun terjaga.

Nah, itulah 3 tips yang bisa Anda lakukan jika gaji Anda tak kunjung dibayar. Pastikan Anda tidak melibatkan emosi dalam setiap keputusan, sebab bagaimanapun, tempat Anda bekerja adalah rumah kedua setelah rumah bersama keluarga. Jadi, apapun yang terjadi hendaklah jangan di sebar luaskan dan tetap jaga sikap toleransi serta profesionalitas kerja Anda sebagai karyawan yang baik. Semoga bermanfaat.

Komentar