oleh

Cara Ajarkan Anak Tertua Bersikap Baik Pada Adiknya

PortalMadura.Com – Jika si kecil dan si kakak sering bertengkar, hal ini wajar terjadi dalam hubungan saudara kandung. Namun, jika dibiarkan terus menerus, ini menjadi kebiasaan yang tidak baik.

Sebagai kakak yang lebih tua dari sang adik, Anda harus bisa melakukan beberapa cara untuk mengajarkan si kakak untuk bersikap baik kepada adiknya. Seperti yang dilansir dair laman Popmama.Com, Rabu (28/7/2021):

Mulai Dari Tidak Membandingi Anak

Jangan pernah membandingkan anak satu dengan yang lainnya. Cobalah untuk tidak selalu menyalahkan anak yang lebih besar atas perselisihan kakak dan adik.

Mempersiapkan Anak Sebelum Memiliki Saudara

Bicarakan pada anak tertua sebelum ia memiliki saudara. Saat melakukan persiapan ini, maka anak akan merasa lebih terlibat dan merasa lebih siap menjadi seorang kakak yang akan menyayangi adiknya kala sang adik lahir nanti.

Berikan Pujian Saat Kakak Berbuat Baik pada Adiknya

Pada umumnya anak menyukai pujian dan perhatian yang didapat dari orangtuanya, hal ini yang membuat mereka akan terus melakukan hal baik ke depannya. Ketika anak tertua mama melakukan sesuatu yang baik untuk adiknya yang lebih muda, Anda bisa memberikan apresiasi seperti pujian.

Biarkan Kakak Mengajarkan Adiknya

Biasanya anak tertua akan memamerkan hal baru yang dipelajarai pada orang sekitarnya, termasuk sang adik. Ini bisa menjadi hal menguntungkan bagi hubungan saudara kandung. Saat sang kakak melakukan hal ini, Anda perlu memastikan bahwa ia tidak terlalu sering memerintah adiknya.

Jangan Marah Pada anak di Hadapan Anak Lainnya

Hal seperti ini akan membuat anak merasa minder dan menutup dirinya, dam anak akan merasa kesal dengan sang adik, bahkan akan timbul bibit dendam di hati sang kakak.

Komentar