oleh

Bisa Serap Tenaga Kerja, Kholifah Akan Bangun TPS di Setiap Desa

PortalMadura.Com, Pamekasan – Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, KH. Kholilurrahman-Fathor Rohman (Kholifah) berjanji untuk membangun Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di setiap desa atau kelurahan.

Janji itu tentunya akan direalisasikan apabila ditakdirkan memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada tanggal 27 Juni 2018. Karena pembangunan TPS itu sangat penting dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Loading...

“Saya memprogramkan setiap desa atau kelurahan harus ada TPS, tentu ini adalah program lima tahun dalam rangka TPS3R (Pengolahan Sampah Terpadu),” katanya, Rabu (30/5/2018).

Pembangunan TPS di setiap desa atau kelurahan ini akan menyedot banyak tenaga kerja di bidang kebersihan. Mengingat harus ada tukang angkut sampah hingga TPS dimaksud dengan fasilitas yang disediakan pemerintah, baik itu motor, mobil atau kendaraan roda tiga.

“Tentu petugas itu akan diberikan honor yang layak dan manusiawi, sehingga kita bisa tekan untuk bekerja lebih baik. Saya yakin, ketika program itu berjalan se Pamekasan akan bersih,” tandasnya.

Mantan Anggota DPR RI ini melanjutkan, dengan adanya TPS3R (Tempat Pembuangan Sampah Reduce, Recycle, Reuse) sampah di bumi Gerbang Salam akan tertangani dengan baik.

Selain itu, pihaknya juga berencana untuk membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di wilayah pantura untuk menangani sampah di wilayah tersebut. Karena tidak mungkin sampah yang ada di utara masih dibawa ke selatan.

“Kita sudah punya TPA, tapi TPA kita masih di wilayah selatan. Sangat tidak mungkin sampah di Batumarmar diangkut ke Angsanah (selatan). Oleh sebab itu, perlu dibangun sampah di wilayah utara dan ini harus ditangani oleh pemkab,” pungkasnya. (Marzukiy/Nanik)