BMKG Imbau Warga Tenang, Gempa M3,9 Guncang Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
BMKG Imbau Warga Tenang, Gempa M3,9 Guncang Sumenep
Ilustrasi (Istockphoto/ Vchal)

PortalMadura.Com, – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika () meminta warga tenang dengan adanya gempa Magnitudo (M) 3,9 yang melanda Sumenep, Madura, Jawa Timur, pukul 00.43 WIB, Kamis (12/5/2022).

Lokasi gempa berada di 6.89 Lintang Selatan, dan 113.99 Bujur Timur dengan pusat gempa berada di darat dengan jarak 21 km timur laut Sumenep dengan kedalaman 10 kilometer.

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tulis BMKG.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, hingga pukul 06.00 WIB, dari hasil monitoring belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

“Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal,” tulis BMKG.

Menurut BMKG, berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Kecamatan , Kabupaten Sumenep dengan Skala Intensitas II – III MMI.

Gempa terjadi dini hari dan dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi. Namun hingga pagi ini, kata BMKG, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.