Pasca Gempa, BPBD Sumenep Sisir Desa di Kecamatan Batuputih

Avatar of PortalMadura.com
Pasca Gempa, BPBD Sumenep Sisir Desa di Kecamatan Batuputih
dok. BPBD Sumenep

PortalMadura.Com, – Tim reaksi cepat (TRC) dan pusat pengendalian operasi (Posdalop) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, bergerak cepat melakukan penyisiran desa-desa di Kecamatan , pagi ini, Kamis (12/5/2022).

Tim tersebut menyisir sejumlah dusun untuk memastikan ada tidaknya dampak berkekuatan Magnitudo (M) 3,9 yang mengguncang Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, pada pukul 00.43 WIB, Kamis (12/5).

Sejumlah desa yang didatangi, di antaranya, Desa Bullaan, Larangan Barma, Batuputih Laok, Larangan Kerta dan Desa Batuputih Daya, Kecamatan Batuputih, Sumenep.

“Alhamdulillah, setelah menyisir ke permukiman warga, tidak ada dampak kerugian dan kerusakan material,” terang Kepala BPBD Kabupaten Sumenep, Wahyu Kurniawan Pribadi, dihubungi PortalMadura.Com, pada pukul 08.40 WIB.

Selama di lapangan, Tim TRC dan Posdalop juga didampingi unsur dari Stasiun Meteorologi Kalianget, Sumenep. “Jadi, data yang diperoleh, tidak ada kerugian maupun dampak. Kami juga berkoordinasi dengan kecamatan dan desa setempat, juga tidak ada laporan dari warga,” tegasnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 3,9 melanda Sumenep, Madura, Jawa Timur, pukul 00.43 WIB, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga : Gempa M3,9 Guncang Sumenep, Warga Batuputih Merasakan Getaran

Baca Juga : Gempa M3,9 Guncang Sumenep, BMKG: Tak ada gempa susulan

Baca Juga : Kaca Jendela Rumah Warga Bergetar, Gempa M3,9 Guncang Sumenep

Baca Juga : BMKG Imbau Warga Tenang, Gempa M3,9 Guncang Sumenep

Lokasi gempa berada di 6.89 Lintang Selatan, dan 113.99 Bujur Timur dengan pusat gempa berada di darat dengan jarak 21 km timur laut Sumenep dengan kedalaman 10 kilometer.

BMKG menyebutkan, hingga pukul 06.00 WIB, dari hasil monitoring belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan. Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal.

Menurut BMKG, berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep dengan Skala Intensitas II – III MMI. Gempa terjadi dini hari dan dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.