oleh

BNPB: 1.901 Bencana Alam Terjadi Sepanjang Januari-Mei 2019

PortalMadura.Com, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 1.901 bencana alam terjadi sejak Januari hingga Mei 2019.

Bencana alam menyebabkan 349 orang meninggal, 24 orang hilang, dan 1.485 orang luka-luka.

Direktur Pemberdayaan Masyarakat BNPB Lilik Kurniawan mengatakan sebanyak bencana alam dalam periode tersebut didominasi oleh bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor.

“Dari semua bencana itu, 98 persen terjadi karena hidrometeorologi dan 2 persen karena bencana geologi,” ujar Lilik dalam konferensi pers di Jakarta.

Loading...

Bencana alam yang paling banyak menimbulkan korban pada Tahun ini yakni banjir dan longsor di Sentani, Papua pada 16 Maret 2019 lalu dimana 112 orang meninggal, tujuh hilang dan 965 orang luka-luka.

Lilik mengatakan jumlah korban jiwa akibat bencana alam meningkat 97,4 persen dibandingkan periode yang sama pada Tahun lalu, sedangkan jumlah kejadian bencana meningkat 15,9 persen. dilaporkan Anadolu Agency, Senin (3/5/2019).

Untuk beberapa bulan ke depan, BNPB memprediksi potensi bencana hidrometeorologi akan menurun mengingat Indonesia mulai memasuki kemarau.

Sementara untuk bencana geologi tetap tidak terprediksi dan BNPB meminta masyarakat agar selalu sadar bencana.


Anadolu Agency
Sumber : Anadolu Agency
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar