Guys, Ini 8 Fakta Penyakit Kanker Darah yang Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ini 8 Fakta Penyakit Kanker Darah yang Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kanker leukemia atau kanker darah merupakan salah satu penyakit sejenis kanker yang ditemukan dalam darah dan sumsum tulang, disebabkan oleh produksi sel-sel darah putih abnormal yang cepat. Biasanya penderita akan mengeluh bagian tulang belakangnya sangat nyeri.

Namun sayangnya, penyakit leukemia sering lambat diketahui. Sekalinya divonis kanker darah, status stadiumnya sudah sangat lanjut. Penyakit ini bisa menyerang anak-anak hingga lansia. Dan ini beberapa fakta mengenai penyakit leukemia:

Leukemia Pengaruhi Sel Darah
Leukemia merupakan jenis kanker yang mempengaruhi sel-sel darah. Terutama sel-sel darah putih dan biasanya berasal dari penggandaan sel-sel darah yang abnormal di dalam sumsum tulang.

Terdapat Dua Bentuk
Ada dua bentuk leukemia, yakni berupa bentuk akut dan bentuk kronis. Adapun pengobatan untuk kedua bentuk tersebut sangatlah bervariasi.

Pria Lebih Rentan Kena Daripada Wanita
Dikatakan bahwa leukemia lebih banyak mempengaruhi pria daripada wanita. Pria memiliki 31% lebih banyak peluang terkena penyakit ini dibandingkan dengan wanita. 35 dari 1 juta orang pasti kena penyakit ini

Leukemia bukan jenis kanker yang sangat umum terlihat. Hanya sekira 35 dari 1 juta orang yang terkena penyakit ini setiap tahun. Lalu 5 dari 35 orang yang terkena adalah anak-anak.

Sebabkan Kematian Anak di Bawah 14 Tahun
Leukemia diketahui menjadi penyebab utama kematian anak-anak di bawah usia 14 tahun. Tidak sedikit anak yang mengidap penyakit ganas ini, bahkan dari baru lahir.

Rokok Sebab Utamanya
Merokok dikenal sebagai salah satu penyebab utama terjadinya kanker. Salah satunya yakni leukemia pada orang dewasa. Karena itu, berhentilah merokok dan jangan sakiti orang-orang di sekitar dari paparan asapnya.

Baca Juga: Destinasi Wisata Baru, Gua Soekarno Sumenep Yang Eksotis Nan Memikat

Leukemia Tidak Bergejala
Sering kali pasien dengan jenis kanker darah tertentu tidak menunjukkan gejala apa pun sampai tahap akhir. Akhirnya membuat perawatan sangat sulit, sampai kondisi pasien drop dan dinyatakan meninggal dunia.

Golongan Pekerja yang Rentan Mengidap Leukemia
Seseorang yang bekerja dengan paparan bahan kimia seperti formaldehyde, serta radiasi jenis tertentu secara teratur lebih rentan terkena leukemia. Jangan anggap remeh karena risikonya bisa menyebabkan kematian dini.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.