Buah Buni, Si Kecil yang Penuh Manfaat

Avatar of PortalMadura.com
Buah Buni, Si Kecil yang Penuh Manfaat
Ilustrasi (bibitbunga.com)

PortalMadura.Com merupakan buah yang memiliki rasa asam segar, manis dan cenderung sepat. Buah dengan nama latin Antidema thwaitesianum ini biasanya dijadikan sebagai pelengkap dalam rujak.

Warnanya yang merah ungu dan bentuknya yang bulat kecil bergerombol, sekilas mirip dengan buah anggur. Ketika sudah matang, buah buni bisa langsung dimakan atau daunnya juga bisa dibuat lalapan.

Buah ini tersebar hampir di seluruh hutan tropis seperti kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Tapi, banyak orang yang belum mengetahui buah ini karena jarang dijual di pasar tradisional.

Meskipun begitu, buah buni memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang pasti sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Tidak heran, jika saat ini buah buni semakin susah dicari atau bisa dikatangan langka.

Kini buah buni tidak hanya sekadar dijadikan hidangan cuci mulut melainkan sudah berbentuk olahan seperti sirup, selai, campuran rujak dan masih banyak lagi olahan dari buah buni.

Buah buni memang terkenal akan kandungan vitamin C yang kaya, sehingga buah ini masih menjadi perburuan di kalangan konsumen meskipun terkadang rasanya cukup asam.

Tidak hanya memiliki kandungan vitamin C saja, di dalamnya juga mengandung Provitamin A (karotenoid), Vitamin B1, Vitmain B2, Vitamin E, Mineral besi, Fosfor dan kandungan zat lainnya.

Kandungan vitamin C nya yang tinggi dapat befungsi sebagai antioksidan pencegah kanker dan penuaan dini. Vitamin C juga meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, buah ini juga kaya serat yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan serta menjegah terjadinya kanker kolon.

Hal ini diperkuat dengan beberapa study yang mengemukakan kandungan tersebut. Nah bagi Anda ingin tau lebih jelasnya, simak seputar khasiat berikut ini:

Mampu Menjaga Kesehatan Mata
Sepeti wortel, buah buni ini juga mampu menjaga mata Anda agar tetap sehat karena kandungan provitamin A yang terkandung di dalam buah buni sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata dan mampu mecegah terjadinya mata rabun dini.

Mampu Memperlancar Saluran Pencernaan
Buah buni yang kaya akan serat sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang mengalami masalah pencernaan, penyebab saluran pencernaan tidak lancar adalah karena tubuh kekurang serat, sehingga tidak lancar. Mengonsumsi buah buni dengan teratur akan membantu mengisi kekurang serat di dalam tubuh sehingga masalah pencernaan dapat teratasi.

Menjaga Kekebalan Tubuh
Buah buni yang kaya akan gizi sangat bagus untuk tubuh sehingga dapat menjaga kekebalan tubuh dan dapat sebagai antioksidan tubuh. Mengonsumsi buah buni saat sesudah selesai melakukan kerja keras atau berat sangat cocok, karena mampu menyegarkan.

Baca Juga : Batal Naik Haji, Kemenag Sampang Terima Dua Surat Kematian

Mengobati Bisul dan Gatal-gatal
Caranya, hancurkan/tumbuk buah buni sampai halus kemudian usapkan pada bagian yang luka atau gatal gatal.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.