oleh

Budaya Baca Masyarakat Indonesia Masih Nol Persen

PortalMadura.Com, Pamekasan – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia gencar melakukan kunjungan ke daerah untuk mengajak masyarakat gemar membaca. Dan Jumat Sore (12/12/2014), rombongan Perpustakaan nasional itu bersama dengan Badan Perpustakaan Daerah Jawa Timur menggelar Road Show di Pendopo Ronggosukowati, Pamekasan, Madura.

Kepala Perpusatakaan Nasional RI, Sri Sularsih dalam sambutannya mengatakan, melalui kegiatan road show tersebut diharapkan mampu membangun kesamaan persepsi dan satu tekat dalam rangka membangun masyarakat Indonesia yang cerdas terutama warga Pamekasan melalui kegiatan gemar membaca.

Menurut Sularsih, selama tahun 2014 kegiatan road Show gemar membaca itu sudah digelar kurang lebih 70 titik di Indonesia. Dengan maksud agar gemar membaca dimulai sejak saat ini dan sejak dini, dengan memberdayakan perpustakaan yang ada.

“Adanya lembaga pendidikan harus ditopang dengan adanya perpustakaan sebagai media pembelajaran sepanjang hayat dan pendukung sistem pendidikan nasional, sehinga mari kita tanamkan budaya baca itu,” katanya.

Sularsih menjelaskan, hasil penelitian United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menyebutkan, rata-rata dalam satu tahun masyarakat Amerika Serikat membaca buku antara 20 sampai 30 judul buku. Masyakat di Jepang membaca 10 -15 judul buku, dan di Negara Asean selain Indoenesia masyarakatnya membaca 2-3 judul buku .

“Sedangkan di Indonesia sendiri, menurut data UNESCO, masyarakatnya membaca antara 0 sampai 1 buku pertahunnya,” jelasnya sambil disambut aplaus hadirin.

Sularsih menambahkan, rendahnya minat baca masyarakat Indonesia dengan asumsi dalam setiap 1000 orang hanya satu orang yang membaca, banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya budaya tutur masyarakat Indonesia masih cukup mendominasi.

“Kemudian kebiasaan menonton infotainment masih digemari sehingga menggeser budaya baca literature buku di tengah-tengah masyarakat Indonesia,” ujarnya. (reiza/htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE