Budayakan 3M, Angka Kasus Covid-19 Turun di Sampang

Avatar of PortalMadura.com
Budayakan 3M, Angka Kasus Covid-19 Turun di Sampang
Peta sebaran Covid-19 Kabupaten Sampang

PortalMadura.Com, – Angka kasus penyebaran virus corona () di wilayah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, mulai menurun.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang, Asrul Sani menyampaikan, tingkat penyebaran Covid-19 ada perubahan signifikan dibandingkan dengan beberapa bulan sebelumnya.

“Kasus mulai menurun dan cukup stabil. Sejak Agustus sampai November kasus warga terpapar Covid-19 rata-rata satu setiap hari. Tapi, terkadang nihil,” terangnya, Sabtu (7/11/2020).

Walaupun mengalami penurunan, namun sebagian masyarakat masih ada yang terpapar virus corona. “Sebenarnya, yang paling penting perilaku masyarakat harus diubah dengan budaya baru dalam upaya mencegah Covid-19,” lanjutnya.

Budaya itu dengan cara masyarakat disiplin memakai masker, menjaga jarak antar warga dan tidak mudah berkerumun serta rajin mencuci tangan dengan sabun.

Upaya pencegahan, kata dia, bukan hanya dilakukan dengan himbauan, pihaknya aktif melakukan sosialisasi maupun operasi yustisi.

Hasilnya, peningkatan disiplin terhadap Protokol Kesehatan (Prokes) semakin terasa, baik disetiap kantor pemerintahan, rumah sakit, klinik, pasar sampai tempat lain yang ramai dikunjungi warga.

“Ada kesulitan untuk memaksimalkan disiplin Prokes. Salah satunya di area pasar, karena lokasinya basah dan mudah lembab,” terangnya.

Berdasarakan data peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Sampang, per tanggal 3 November 2020, pasien positif Covid-19 ada 22, sembuh 254, dan meninggal dunia mencapai 18 orang.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.