Bumil, Ini 5 Aturan Olahraga yang Nyaman dan Aman Anda Lakukan

Avatar of PortalMadura.com
Bumil, Ini 5 Aturan Olahraga yang Nyaman dan Aman Anda Lakukan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Banyak orang yang sudah tahu bahwa melakukan olahraga secara rutin akan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar.

Aktivitas sehat ini tidak hanya boleh dilakukan oleh anak-anak ataupun orang dewasa saja, ibu hamil atau pun juga penting untuk melakukannya. Tapi harus tetap memerhatikan aturan-aturannya agar tidak membahayakan janin.

Ibu hamil disarankan untuk berolahraga paling tidak 30 menit setiap hari. Meski tengah mengandung bayi, Anda harus tetap aktif agar tubuh lebih bugar.

Karena akan ada banyak keuntungan yang dirasakan saat rutin olahraga. Pilih waktu yang tepat dan nyaman supaya Anda tetap bahagia menjalankannya.

Konsultan Obstetri dan Ginekologi Dr Vijaya Manohar dari Apollo Cradle berbagi sedikit wawasan seputar larangan yang harus dipatuhi ibu hamil saat berolahrga. Simak langkahnya berikut;

Lakukan Peregangan Otot Secukupnya
Peregangan otot sangat berguna untuk mengatur hormon relaxin diproduksi. Hormon ini meningkatkan fleksibilitas otot Anda. Tapi pada ibu hamil pastikan bahwa Anda tidak meregangkan otot Anda lebih dari waktu dibutuhkan. Karena akan menyebabkan robekan otot dan mendadak kram.

Jangan Memutar Pinggang dan Membalikkan Tubuh Anda
Usai meregangkan otot jangan coba memutar pinggang dengan alasan relaksasi. Hal ini bisa menyebabkan variasi tekanan darah Anda. Perubahan drastis dalam tekanan darah selama kehamilan, mungkin tidak aman untuk Anda dan bayi janin. Maka hindari hal tersebut agar tubuh tetap nyaman dan tidak cedera.

Jangan Terlalu Lama
Pastikan saat olahraga jangan terlalu lama melakukannya. Ini dapat menyebabkan aliran darah tidak merata ke rahim dan bisa kelebihan aliran ke kaki. Jika kaki menerima banyak aliran darah, Anda bisa mengalami sakit kepala dan beberapa masalah yang lain.

Tahan Napas
Anda tidak dianjurkan menahan napas karena bisa pingsan mendadak. Saat yoga lakukan gerakan yang ringan dan mudah dilakukan. Jangan memilih gerakan, terutama dalam mengatur napas yang berbahaya bagi Anda dan janin.

Jangan Berbaring Telentang
Saat berolahraga hindari posisi telentang karena memungkinkan aliran darah tidak tepat. Dampaknya bisa mual dan mengalami gangguan pernapasan. Lebih baik pilih posisi miring ke kiri supaya tambah nyaman berolahraga. Selamat mencoba semoga bermanfaat ya, bumil. (okezone.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.