Bumil, Ini 5 Cara Jitu Redakan Sakit Punggung Saat Hamil

Avatar of PortalMadura.com
Bumil, Ini 5 Cara Jitu Redakan Sakit Punggung Saat Hamil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya, ketika rahim sudah semakin membesar keluhan nyeri pada punggung mulai muncul. Hal ini terjadi karena perubahan pusat gravitasi pada tubuh, yang ditambah lagi pertambahan berat badan di sekitar pinggul.

Bahkan tidak hanya itu saja, hormon relaxin yang mengendurkan persendian untuk persiapan melahirkan pun turut menambah tekanan pada tubuh. Namun Ibu (Bumil) tidak perlu khawatir, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan keluhan nyeri punggung sekaligus menjaga kehamilan tetap nyaman.

Nah, berikut ini lima cara yang ampuh meredakan nyeri punggung saat hamil:

Latihan Panggul
Pada posisi merangkak, ayunkan panggul ke belakang dan ke depan secara perlahan. Bumil juga bisa melakukan gerakan cat stretch untuk meredakan nyeri punggung.

Caranya, posisikan tubuh seperti merangkak dan jaga punggung agar lurus dari leher hingga tulang ekor, lalu lengkungkan punggung ke bawah, dongakkan kepala ke atas sambil menarik napas, tahan selama 5 hitungan. Lanjutkan dengan membuang napas sambil melengkungkan punggung ke atas, tekuk dagu ke arah dalam, tahan selama 5 hitungan. Ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali.

Gunakan Bantal sebagai Penyangga
Salah satu cara menjaga kehamilan tetap nyaman adalah mencari cara jitu untuk membuat Bumil dapat tidur nyenyak. Nah, cara ini tidak hanya dapat membantu Bumil tidur lebih nyaman, tetapi juga efektif dalam meredakan nyeri pada punggung.

Caranya, berbaringlah dalam posisi menyamping dan gunakan bantal untuk menyangga punggung dan perut. Tekuk lutut, dan selipkan bantal di antara paha agar pinggul tetap seimbang.

Pijat Prenatal
Pijat prenatal dapat membantu meredakan nyeri, serta menjauhkan depresi dan kecemasan dalam kehamilan. Lakukan pijatan ini hanya dengan terapis prenatal berpengalaman ya, Bumil. Berkonsultasilah dengan dokter kandungan dalam mencari terapis yang tepat.

Berenang
Kegiatan ini sangat baik bagi ibu hamil karena menimbulkan rasa nyaman di tubuh. Saat berada di dalam kolam renang, badan tidak terasa seberat saat di luar air, terang spesialis ginekologi dari Montefiore Medical Center di Bronx, New York, Mary Rosser, MD., Ph.D.,.

Bumil tidak harus melakukan aktivitas renang serius selama di dalam kolam. Menurut Dr. Rosser, cukup dengan berjalan atau melakukan gerakan mengayuh di dalam kolam dapat membantu mengurangi tekanan pada tulang belakang serta memperkuat otot lengan, kaki, maupun punggung.

Trunk Twist
Gerakan ini dapat dilakukan sejak usia kehamilan memasuki trimester kedua. Caranya, duduk bersila di lantai dengan punggung tegak dan letakkan tangan kanan di lutut kiri dan tangan kiri di belakang tubuh. Lalu, putar tubuh, pundak, dan dada ke kiri secara perlahan, sejauh mungkin namun masih terasa nyaman. Tahan selama 5 hitungan. Lakukan gerakan serupa ke arah kanan, juga dengan 5 hitungan. Ulangi masing-masing gerakan selama 3 kali.

Selain melakukan berbagai langkah di atas, Bumil juga dianjurkan untuk mengenakan alas kaki ber-hak rendah karena penggunaan sandal atau sepatu ber-hak tinggi dapat membuat keseimbangan tubuh maju ke depan dan Bumil pun berisiko terjatuh.

Jadi, untuk menjaga kehamilan tetap nyaman, hindari mengenakan alas kaki ber-hak tinggi selama hamil. Selain itu, lakukanlah lima cara di atas untuk mengurangi nyeri punggung. (parentingclub.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.