Bumil, Ini Fakta Seputar Gerakan Janin dalam Kandungan yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Bumil, Ini Fakta Seputar Gerakan Janin dalam Kandungan yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kabar tentang kehamilan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu bagi pasangan yang sudah menikah. Perasaan bahagia dan berdebar tentunya berkecamuk saat itu terjadi.

Bahagia karena telah diberikan amanah seorang anak. Berdebar karena ada kekhawatiran tersendiri saat mulai timbul di dalam . Sebagian orang beranggapan bahwa setiap gerakan menjadi tanda bahwa calon bayi sedang berkomunikasi kepada ibunya, benarkah itu?.

Untuk lebih jelasnya, berikut sederet fakta seputar gerakan janin di dalam kandungan yang bisa menjadi sinyal untuk Ibu Hamil () bahwa janin mereka aktif dan sehat:

Momen Janin Mulai Bergerak
Sebagian besar janin mulai bergerak sejak usia kehamilan 7 sampai 14 minggu. Namun, sebagian besar bumil merasa janin mereka bergerak pada usia kehamilan 18 hingga 20 minggu. Beberapa wanita hamil merasakannya di awal minggu ke-16.

Jika tidak merasakan gerakan apapun di kandungan hingga kehamilan 24 minggu, ada baiknya Anda bergegas periksa ke dokter kandungan.

Momen Kepala Janin Mulai Berputar
Wanita hamil butuh waktu sekitar 16 minggu untuk merasakan gerakan janin. Pada usia 7 minggu, janin mulai melakukan gerakan umum. Pada minggu ke-10, umumnya janin akan mulai memutar kepalanya. Begitu ia berusia 14 minggu, janin mulai menguap dan mengedipkan matanya.

Apa Iya Janin Bergerak Selama Kehamilan?
Ketik wanita hamil merasakan tendangan yang kuat dan sikutan yang menyakitkan, maka ada juga periode pada siang hari di mana janin tidak akan bergerak. Saat janin tidak bergerak, sebaiknya Anda tidak usah panik. Itu pertanda janin sedang tidur siang. Di usia kehamilan 30 minggu, janin akan beristirahat selama 45 menit.

Tendangan Janin yang Normal dalam Sehari
Untuk tendangan, tidak dapat dipastikan jumlahnya, karena setiap kehamilan frekuensinya akan bervariasi.

Bagaimana Jika Janin Tidak Bergerak Lebih dari Sehari?
Cobalah berbaring miring dan tunggu selama dua jam. Jika merasakan setidaknya 9 gerakan dengan berbagai kekuatan, tandanya janin baik-baik saja. Bisa juga, wanita hamil bersikap santai dan makan sesuatu. Janin mungkin bereaksi terhadap perubahan pergerakan saat mengasup makanan. Atau bisa juga mengonsumsi minuman dingin.

Perubahan suhu bisa mendorong janin untuk bergerak. Selain itu, pergerakan janin bisa juga dirangsang dengan membuat beberapa suara menggunakan musik.

Itulah beberapa hal yang perlu ibu hamil ketahui tentang pergerakan janin di dalam kandungan. Semoga informasi ini bermanfaat dan bayi Anda lahir dengan sehat. (Liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.